00:45 - Rabu, 29 Maret 2017
Sabtu, 7 Januari 2017 | 11:28

Pemkot Pasuruan Bangun Rusunawa III Senilai Rp25 Miliar


Pasuruan (wartabromo.com) – Setelah punya dua Rumah Susun Sewa (Rusunawa), Pemkot Pasuruan akan kembali membangun Rusunawa yang ketiga, di Kelurahan Tembokrejo, Kecamatan Purworejo.

Dyah Ermita Sari, Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Pasuruan menjelaskan, sampai saat ini masih dalam tahap menunggu proses penetapan pemenang penyedia konstruksi alias pihak ketiga yang ditentukan seluruhnya oleh Kementerian PU.

“Seluruh pembiayaan berasal dari APBN. Pemkot Pasuruan hanya menyediakan lahan untuk lokasi pembangunan Rusunawa, baik Rusunawa I yang ada di Kelurahan Tambakan, Kecamatan Panggungrejo, dan Rusunawa II di Kelurahan Petahunan, Kecamatan Gadingrejo maupun Rusunawa III di Purworejo. Total luasan lahannya mencapai 6000 meter persegi,” katanya saat dihubungi via telepon, Sabtu (7/1/2017).

Lebih lanjut Mita menambahkan, besaran anggaran pembangunan Rusunawa III sama dengan Rusunawa I dan II, yakni sebesar Rp 25 miliar. Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk membangun Rusunawa dengan bentuk yang sama, yakni 2 twinblock (blok yang sama), di mana 1 twinblock terdiri dari 98 unit.

“Total ada 196 unit blok di Rusunawa III dan bangunannya berlantai lima. Pokoknya sama dengan Rusunawa I dan II,” singkatnya.

Dengan hadirnya Rusunawa baru, harapannya tentu saja dapat memberikan kemudahan bagi para pasangan rumah tangga atau masyarakat dalam mencari hunian murah. Kata Mita, penghuni rusunawa adalah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang tidak memiliki tempat tinggal.

“Kita utamakan dari masyarakat sekitar rusunawa dulu, baru kita perluas untuk semua masyarakat Kota Pasuruan,” ungkapnya. (ron/fyd)

Komentar Anda

Komentar

IMG_20170105_103228_1-650x400

Pernah Protes Tak Digubris, Warga Setuju Penutupan Pabrik Pengolahan Plastik

IMG_0033

Untuk Terhindar dari KKN, Kepala SKPD Tanda Tangani Pakta Integritas