Modal Yakin, Haji Ruslan Bikin Kebun Kurma yang Belum Pasti Berbuah

6062

Sukorejo (wartabromo.com) – Lahan seluas 3,7 hektar di Dusun/Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur telah disulap oleh pengusaha lokal, Haji Ruslan menjadi kebun kurma.

Puluhan pohon kurma mulai bibit sampai yang sudah berukuran besar telah ditanam di atas lahan tersebut.

Tak hanya Kurma, Ruslan juga menanam pohon zaitun, delima, siwak yang diharapkan bisa tumbuh subur dan berbuah seperti di wilayah asalnya yang tumbuh subur.

Pemilik Saygon Water Park dan Saygon Night Park tersebut bahkan mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk membeli bibit dan pohon kurma dari berbagai daerah dan negara.

“(Pohon kurma) yang besar itu harganya 25 juta perpohon, ” ujarnya saat bertemu dengan wartabromo.com.

Data yang didapatkan wartabromo.com, kurma dapat tumbuh dan masak dengan suhu sekitar 40-50oC sementara suhu di Indonesia maksimal hanya mencapai 33 °C. Selain itu, kurma lebih jarang mendapatkan curah hujan yang tinggi sementara di Indonesia curah hujannya sangat tinggi.

IMG_20170101_113645-650x400

Meski demikian, bukan berarti di wilayah Indonesia tidak pernah ada pohon kurma yang berbuah. Tercatat, kurma di belakang Ponpes Darussalam Surabaya dan di Bangka bisa berbuah lebat meski ukuran pohonnya tidak sama dengan di daerah asalnya. Kini, untuk mencapai mimpinya memiliki kebun kurma yang bisa dipetik dan dipanen. Ruslan telah mendatangkan sejumlah tenaga ahli di bidang tanaman tersebut.

“Saya mendatangkan orang – orang yang mengerti tentang tanaman ini. Yang penting yakin. Kalau Allah menghendaki kenapa tidak, ” ujar Ruslan sangat yakin.

Pantauan wartabromo.com, saat pertama kali didatangkan, sejumlah pohon kurma telah terlihat berbunga bahkan mulai berbuah. Namun sayang, beberapa bulan kemudian buah itu berguguran dan tak bisa dipanen karena rusak.

“Yang kemarin itu, buahnya mati, ” kata Ruslan.

Sambil menunggu pohon – pohon kurmanya berbuah, Mantan Ketua Kadin Kabupaten Pasuruan ini telah membuka wisata kebun kurmanya untuk bisa dinikmati dan dikunjungi masyarakat umum.

Bagi anda yang tertarik untuk melihatnya, Ruslan melalui PT Duta Wisata Kurma telah membangunnya menjadi wahana wisata yang layak untuk dikunjungi. Di lokasi wisata baru ini, ada bekas pesawat terbang Boeing yang dipajang untuk berfoto ria, kendaraan ATV yang bisa digunakan untuk keliling kebun dan satwa burung yang bisa dilihat keindahannya.

“Semoga bisa menjadi wisata kebanggan Pasuruan,” pungkasnya. (yog/yog)