01:49 - Kamis, 14 Desember 2017
Senin, 9 Januari 2017 | 20:13

Cabai Mahal, Bupati Pasuruan Ajak Dukung Gerakan Tanam 50 Juta Pohon Cabai di Pekarangan

Pasuruan (wartabromo.com) – Naiknya harga cabai merah di beberapa daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Pasuruan menarik perhatian Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf. Ia pun engajak masyarakat Pasuruan untuk mendukung program pemerintah yakni gerakan nasional penanaman 50 juta pohon cabai di Pekarangan.

Gerakan tersebut, menurutnya, bertujuan untuk menggalakkan masyarakat menanam cabai sehingga saat harga cabai naik tidak perlu ada kekhawatiran.

“Ya secara bertahap kita dorong melalui PKK dan perempuan desa, karena perempuan itu lebih telaten, ” kata Irsyad, sesaat setelah memimpin apel pagi karyawan Pemkab Pasuruan di Halaman Tengah Kantor Bupati Pasuruan, Senin (9/1/2017) pagi.

Cabai-1

Dikatakannya, dirinya memantau perkembangan harga cabai di pasaran melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan sejak beberapa hari terakhir.

“Saya beberapa kali menanyakan harga cabai di Disperindag, ternyata memang terus naik, dan panen cabai di tahun 2016 kemaren banyak yang rusak karena cuaca ekstrim,” lanjutnya.

Demi mengantisipasi ketergantungan akan kebutuhan cabai merah, Irsyad menghimbau masyarakat untuk mensubtitusi alias mengganti jenis cabai merah dengan cabai lain, seperti cabai hijau atau cabai lain yang harganya di bawah harga cabai merah saat ini.

“Kalau di pasaran sampai nmenembus Rp 100 ribu, ya paling tidak bisa membeli cabai lain yang hijau, karena pasti jauh di bawahnya,” imbuhnya berseloroh. (mil/yog)

Modal Yakin, Haji Ruslan Bikin Kebun Kurma yang Belum Pasti Berbuah

Bupati Perintahkan BLH Evaluasi Semua Tambang di Pasuruan