Akhir Maret, Pedagang Pasrepan Tempati Pasar Baru

1311

Pasrepan (wartabromo.com) – Pedagang pasar Pasrepan yang selama 2 tahun menempati tempat relokasi di pasar buah setempat akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya tak lama lagi mereka akan kembali ke lokasi pasar induk yang selama ini mereka tinggalkan.

Pembangunan los baru yang rampung pada akhir tahun 2016 kemarin, sudah siap di tempati oleh 416 pedagang yang kiosnya ludes terbakar pada 30 Juli 2014 lalu.

“Pada dasarnya kita dari pihak UPT Pasar Pasrepan sudah siap memindahkan pedagang ke pasar lama,” terang Khoirul Anam, Kepala UPT Pasar Pasrepan pada wartabromo.com

Di jelaskannya lagi, untuk sementara pemindahan pedagang ke lokasi pasar lama masih terkendala belum adanya sekat antar pedagang di bagian jualan kain. Dan pihak UPT mengusahakan pemindahan pedagang nanti serentak, biar para pembeli tidak terpisah-pisah.

Baca Juga :   Wartawan Pasuruan Diajari Menembak oleh Tentara Marinir

pasarpasrepan02

“Sebetulnya kita sudah bisa memindahkan pedagang bumbu dan ikan, namun kita mau pindahannya bersamaan,” lanjut Khoirul.

Dari jumlah data yang masuk ke Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan jumlah pedagang korban kebakaran 411 petak kios, dan di tambah 5 pedagang yang kiosnya tidak ikut terbakar namun tergusur oleh pembangunan los pasar yang baru.

Koirul menambahkan perpindahan para pedagang nanti di usahakan pada akhir bulan Maret 2017 mendatang, dan saat ini pihak UPT dan paguyuban pedagang tengah menyiapkan proses pembangunan sekat kios.

Disperindag membangun jumlah kios di pasar Pasrepan berjumlah 432 petak kios yang terbagi di beberapa los. Dan jumlah tersebut untuk mengantisipasi pedagang korban kebakaran yang belum terdata, nyatanya jumlah tersebut masih tersisa 16 petak kios. (har/yog)