Pasar Grosir Konveksi Modern Dibangun di Gempol

2060

Gempol (wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) memastikan pembangunan pasar grosir konveksi modern di Gempol khususnya yang berada di bagian depan.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan, keberadaan pasar gempol sebagai pusat grosir konveksi akan menumbuhkan geliat dan perputaran ekonomi yang cukup tinggi, terutama dari wilayah barat dan selatan.

“Ketika nanti sudah terbangun dan selesai, maka akan banyak pergerakan ekonomi masyarakat baik dari pasuruan maupun luar pasuruan. Di situlah perputaran uang terjadi sehingga dampaknya juga pada peningkatan taraf hidup masyarakat itu sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan Edy Suwanto mengatakan, untuk perencanaan struktur bangunan sudah selesai seperti pemasangan keramik, partisi serta side development seperti pembangunan taman, parkir, musholla sampai dengan hidran.

Baca Juga :   Domba Mati Misterius Dilaporkan Meluas Terjadi di Dua Desa

IMG-20170125-WA0042

“Kalau dari bentuk bangunan sudah terlihat, tinggal menambah keramik, memperhalus tembok dan pembangunan side development. Yang jelas kita selesaikan secepatnya ,” kata Edy.

Menurutnya, pasar gempol memiliki dua bangunan permanen, yakni pasar tradisional yang berada di bagian belakang, serta pusat grosir konveksi di bagian depan.

Untuk pasar tradisional sendiri, total ada 118 kios yang menampung para penjual palen (sapu, sabun dan sejenisnya), pakaian, sembako dan kios khusus ikan dan daging. Sedangkan di pusat grosir konveksi, setidaknya terdapat 250 stan yang menjadi sentra kulakan, mulai dari baju anak-anak, kain, batik dan bordir hingga kebutuhan konveksi lainnya.

“Kita akan mengoperasikan pasar tradisional terlebih dahulu. Insya allah bulan pebruari, di mana para penjual sebelumnya yang kita tempatkan di sebelah barat pasar ini akan kita pindah ke pasar yang baru. Total ada 116 penjual lama yang akan kita tempatkan,” imbuhnya. (yog/yog)

Baca Juga :   PT Karunia Sentosa Plastik di Pandaan Terbakar