TPA Blandongan akan Dijadikan Wisata Edukasi Kota Pasuruan

0
112

Pasuruan (wartabromo) –  Pemerintah Kota Pasuruan berencana menjadikan TPA Blandongan sebagai Wahan Edukasi Keluarga.

Rudiyanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Kota Pasuruan mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan re-design atau desain ulang proses pengelolaan sampah tersebut.
Di lokasi wahana edukasi keluarga itu masyarakat bisa melihat langsung proses pengolahan sampah di TPA Blandongan tersebut.

“Mulai dari proses penumpukan sampah, kemudian pemilahan dan pengolahan sampah, semua informasinya akan kita berikan secara cuma-cuma,” kata Rudi.

TPA BLANDONGAN

Menurutnya,  TPA Blandongan sebagai wisata keluarga lantaran pengelolaan sudah dilakukan secara ramah lingkungan. Dalam artian, bau menyengat yang dikeluarkan dari tumpukan sampah tersebut sangat berkurang sehingga para pengunjung yang akan datang dipastikan tidak akan terganggu.

“Apalagi sebentar lagi pengolahan limbah medis juga dilakukan di sini, sehingga banyak hal baru yang bisa diketahui oleh masyarakat maupun anak-anak terkait pengolahan sampah,” jelasnya.

Sementara itu, selain melakukan re-desain TPA, Pemkot Pasuruan juga akan mengembangkan TPA, lantaran sampah yang ada di sana terus menggunung.

“Kebetulan di sebelah timur TPA masih ada tanah kosong yang cukup luas, sehingga juga akan kita buat menjadi lokasi pembuangan sampah,” akunya. (mil/yog)