Mulai Dibuka, Jalur Wisata Bromo Rawan Longsor

0
45

Tosari (wartabromo.com) – Kondisi cuaca ekstrim membuat jalur menuju kawasan wisata Gunung Bromo tepatnya di Pakis Bincil, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, menjadi rawan longsor.

Longsoran tersebut membuat jalur menuju kawasan lautan pasir tertimbun material tanah dan bebatuan hingga jalur ditutup untuk proses pembersihan.

Kejadian Longsoran yang terjadi sejak Jumat (3/2/2017) langsung dapat diatasi dengan menggunakan alat berat yang langsung didatangkan kelokasi. Namun lantaran tebingnya masih rawan longsor kembali jalur sempat dibuka lalu ditutup.

Sukaris, anggota Desa Tangguh Bencana Wonokitri mengatakan, longsoran susulan itu, terjadi di jalur menuju lautan pasir yang memeng kondisi tanah dan tebing didaerah itu mudah longsor.

IMG-20170205-WA0024

“Longsorannya menuju lautan pasir. Ini lagi proses pembersihan,” kata Sukaris.

Sebelumnya jalur menuju kawasan lautan pasir menuju penanjakan dilakukan penutupan untuk kegiatan wisatawan. Pasalnya, kondisi tanah didaerah tersebut mudah longsor dan dapat membahayakan para wisatawan yang akan berkunjung.

Namun, jalur yang sempat ditutup itu, saat ini sudah bisa dilewati kembali oleh wisatawan dengan tetao waspada. (ros/yog)