Gali Pondasi Rumah, Warga Probolinggo Temukan Tempayan Raksasa

0
79

Besuk (wartarbomo.com) – Warga Desa Kecik, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, mendadak dikagetkan dengan penemuan barang antik berupa satu buah tempayan kuno dan tutup teko bergambar naga dan merak.

Berdasarkan informasi yang diperoleh wartabromo.com, barang itu kali pertama ditemukan oleh pekerja bangunan. Para pekerja bangunan ini, tengah menggali tanah untuk membuat pondasi rumah Muhamad Bunadi (50), warga Dusun Jukoan, yang hendak dibangun secara permanen. Saat kedalaman mencapai setengah meter, ujung cangkul pekerja berulang kali membentur benda keras. Lantaran penasaran, oleh pekerja kemudian mencoba menggali lokasi benda keras tersebut menggunakan tangan.

“Mereka kemudian oleh saya diminta untuk menggali terus. Ternyata ternyata ada lingkran besar. Kemudian penggalian itu diteruskan hingga kedalama dua meter, eh ternyata ada gaco atau tempayan dengan ukuran besar,” ujar Bunadi, Senin (6/2/2017).

Tempayan

Menurut Bunadi, tempayan besar tersebut saat diukur mempunyai tinggi 1,5 meter dengan diameter 1,7 meter. Karena terkena pacul dan cangkul, tempayan itu mengalami kerusakan dibibr tempayan dan retak. Oleh pekerja, barang tersebut diangkat dan diletakkan di halama rumah, tak jauh dari posisi ditemukan pertama kali.

Tak hanya menemukan tempayan berukuran besar, pekerja juga menemukan koin uang kuno dan tutup teko bergambar naga dan merak. “Ketika saya tanya, ke mbah saya, ternyata dia gak tahu juga mengenai barang itu,” tuturnya lebih lanjut.

Tentu saja penemuan tempayan raksasa itu mengundang animo masyarakat sekitar. Mereka berbondong-bondong datang untuk melihat barang antik itu. “Ya karena tidak pernah melihatnya, makanya kesini karena penasaran. Apalagi katanya ada gambar naganya,” kata Sofia, salah satu pengunjung. (saw/saw)