Pemprov Jatim Siapkan Anggaran Rp. 11, 7 M Untuk Normalisasi Sungai

0
71

Kraton (wartabromo.com) – Pemprov Jatim telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 11,7 miliar untuk melakukan normalisasi sungai-sungai di 14 titik, termasuk penguatan jaringan irigasi di Kecamatan Purwosari dan Pandaan.

“Yang menjadi kewenangan dari BBWS adalah sungai-sungai yang ada di DAS (daerah aliran sungai) Welang, Petung, Rejoso dan Lawean ,” kata Kepala BBWS Brantas, Amir Hamzah saat mendampingi Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR melihat kondisi sungai Welang di Kraton, Pasuruan, Rabu (8/2/2017).

Menurut Amir, pelaksanaan normalisasi akan segera dilakukan pada akhir bulan Pebruari 2016 ini.

“Pelaksanaannya pada akhir bulan ini, ” kata Amir.

IMG_0713-1

Seperti diketahui, upaya normalisasi sungai yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan terus dilakukan menyusul banjir yang kerap melanda di Kabupaten Pasuruan. Bupati Pasuruan menilai normalisasi di sejumlah wilayah DAS seperti Welang, Rejoso dan Kedunglarangan sudah lama tak dilakukan selama bertahun – tahun sejak 2008 silam.

“Alhamdulillah, Setelah kita menghadap Pak Menteri PU-PERA beberapa waktu lalu, sungai-sungai di Kabupaten Pasuruan yang menjadi kewenangan Pemprov Jatim dan Pusat akan segera dinormalisasi, ” kata Irsyad Yusuf. (mil/yog)