12:11 - Jumat, 20 Juli 2018
Jumat, 10 Februari 2017 | 11:24

Cuaca Ekstrim, Nelayan Pasuruan Memilih Mbecak dan Tak Melaut

Pasuruan (wartabromo.com) – Cuaca ekstrim yang masih terus berlangsung hingga kini, membuat sebagian nelayan di Pasuruan tidak nerani melaut.

Mereka tak mau mengambil resiko kehilangan nyawa ketika memaksakan diri untuk tetap melaut yang belum pasti mendapatkan tangkapan ikan banyak.

Pantauan wartabromo.com, para nelayan lebih memilih untuk menyandarkan kapal dan membenahi peralatan dari pada pergi menangkap ikan. Seperti halnya Ichwan (50), nelayan asal Panggungrejo, Kota Pasuruan, yang memilih membenahi mesin kapal dan peralatan lainnya dari pada melaut.

“Takut mas anginnya kayak gini, mending disini perbaiki mesin kapal,” kata Ichwan sambil membenahi mesin kapal kepada wartabromo, Kamis (9/2/2017).

IMG-20170209-WA0060

Ia menuturkan, dirinya tidak melaut sudah hampir satu bulan. Di sela-sela ia tidak lagi menangkap ikan, ia memilih untuk menarik becak atau ngojek.

“Kalau lagi gak melaut ya cari sampingan seperti kalau gak mbecak ya ngojek mas. Jika tidak begitu mau dari mana lagi cari uang,” jelasnya.

Salah seorang nelayan lain Muslik, mengatakan, dengan cuaca seperti ini, dirinya lebih memilih berkegiatan memperbaiki kapal dan jaring untuk persiapan jika cuaca kembali normal.

“Iya begini lah mas, hanya memperbaiki kapal dan jaring-jaring ini sambil nunggu cuaca normal. Kan enak kalau sudah normal langsung siap,” ungkapnya. (ros/yog)

Giri Nawa Tirta Julukan Baru Untuk PDAM Kabupaten Pasuruan

Petani Probolinggo Kembangkan Edamame Organik