91 Penderita Katarak Kota Pasuruan Jalani Operasi Massal

0
44

Panggungrejo (wartabromo.com) – Sebanyak 91 orang penderita katarak di Kota Pasuruan menjalani operasi massal, Selasa (22/2/2017).

Operasi tersebut di lakukan di Puskesmas Trajeng dan dilakukan oleh sebanyak 9 orang dokter yang didatangkan khusus dari Rumah Sakit Mata Surabaya.

Bambang Pramono, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan mengatakan, jumlah penderita katarak yang dioperasi pada tahun ini lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 60 pasien saja. Hal itu dikarenakan dukungan anggaran yang dipersiapkan untuk mengoperasi para penderita penyakit mata paling berbahaya itu.

IMG_0032

“Sekitar Rp 100 jutaan sudah kami siapkan untuk mensukseskan operasi ini, baik untuk peralatan sampai biaya petugas pengoperasi itu sendiri,” kata Bambang pada wartabromo.com.

Hanya saja, meski memberikan kuota 90 pasien, akan tetapi pihaknya juga menerima apabila ada pasien yang tiba-tiba datang langsung ke lokasi kejadian. Kata Bambang, tidak semua mata yang akan dioperasi, melainkan hanya katarak mature (matang). Apabila belum dinyatakan mature, maka hanya akan diberi obat tetes.

“Kalau sudah mature, maka sudah siap dioperasi. Tapi kalau belum, ya hanya dikasih obat tetes atau softlense saja, karena belum waktunya dioperasi,” jelasnya.

Rokhmah (67), salah satu penderita katarak asal Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Panggungrejo mengaku lega, lantaran sudah setahun lamanya dia harus menahan sakit lantaran tak bisa melihat dengan jelas gara-gara katarak.

“Senang sekali karena akhirnya mbah bisa dioperasi. Setahun ini gak bisa melihat cucu secara jelas, semoga setelah operasi bisa melihat kembali,” ungkapnya. (ron/yog)