Cegah balap Liar, GM FKPPI Gelar Road Race Di Jalan Panglima Sudirman

0
7

Mayangan (wartabromo.com) – Minggu (26/2/2017) siang, jalan raya Panglima Sudirman, Kota Probolinggo, berubah menjadi sirkuit dadakan untuk gelaran ajang balapan sepeda motor (Road Race). Ajang ini dilangsungkan untuk mencari bakat dan pembinaan pembinaan bagi pembalap (Rocer) muda di Probolinggo.

Penyelenggaranya adalah Gerakan Muda Forum Komunikasi Putra Putri TNI-Polri (GM FKPPI) bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IM) Jawa Timur. Sebelumnya di 2016, ajang seperti itu pernah digelar di sirkuit yang sama.

Dandim 0820 LetKol (inf) Hendhi Yustian Danangsuta mengatakan, kegiatan yang rencananya akan digelar tahunan tersebut, sebagai bentuk pembinaan terhadap pembalap nasional, khususnya di Probolinggo. Mengingat, Probolinggo memiliki potensi untuk mencetak pembalap yang berbicara dikancah nasional. Salah satunya, almarhum Deny Triyugo, warga setempat yang pernah uji nyali di kejuaraan Asia Pasifik.

IMG-20170226-WA0067

“Kami ingin menampung dan memfasilitasi potensi anak-anak muda dalam membalap, sehingga muncullah bibit-bibit pembalap yang handal. Selain itu, juga untuk mencegah balap liar yang sering dilaksanakan oleh mereka di jalanan,” ujar Dandim.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, semangat pembalap Probolinggo tidak pernah luntur. Kendati ada pembalap asal Probolinggo yang meninggal saat  berlaga di sirkuit nasional Sentul. Terbukti dari 12 pembalap yang beraksi di kelas lokal  tahun lalu, kini sudah ada 40-an pembalap yang sudah mendaftar diajang tersebut.

“Dari jumlah itu, antusias warga sini di road race perlu diperhatikan. Dan inilah salah satu pembinaan kami, terhadap mereka,” tambahnya.

Dalam ajang terebut, jarak tempuh yang harus dilalui para pembalap sekitar 950 meter. Mereka harus berputar dari start hingga finish di depan kantor Walikota dan Makodim 0820 sebanyak 8 atau 9 kali putaran dengan tikungan tajam.

“Sebetulnya di kota lain di Jawa Timur, siap menggelar balapan seperti ini. Pertimbangan kami, karena di sini semangatnya, luar biasa,” terang pembina Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Timur Frangki. (saw/saw)