05:17 - Kamis, 19 Juli 2018
Selasa, 28 Februari 2017 | 11:14

Jalan Probolinggo – Lumajang Ambles

Tiris (wartabromo.com) – Jalan penghubung antara Kabupaten Probolinggo dengan Kabupaten Lumajang di dalam Desa Tlogosari, Kecamatan Tiris, ambles.

Warga berharap pemerintah daerah segera memperbaikinya, karena sangat membahayakan pengguna jalan.

Jalan ambles ini posisi berada sekitar 500 meter sebelum Pal 31 (P31) batas Kabupaten Probolinggo dengan Desa Kalipenggung, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang.

Lubang yang ambles ini diperkirakan mempunyai kedalaman sekitar 2 meter dengan diameter 2 meter.

“Lubang ini hampir menutup jalan akses, karena lebih dari separuh badan jalan ambles. Sehingga, hanya dapat dilewati kendaraan roda dua saja, untuk roda empat tidak bisa sama sekali,” ujar Agung, salah satu warga, Selasa (28/2/2017).

IMG-20170228-WA0105

Oleh warga, lubang tersebut diberi tanda berupa pelepah daun pinang dan ranting bambu. Hal itu dimaksudkan agar pengendara berhati-hati dan tidak terjatuh ke dalam lubang itu.

“Kejadiannya sudah sekitar seminggu yang lalu. Namun sampai sekarang belum ada perbaikan. Kami berharap segera diperbaiki, karena ini satu-satu jalan penghubung Probolinggo-Lumajang,” tambahnya.

Camat Tiris Roby Siswanto mengatakan peristiwa amblesnya jalan penghubung antar kabupaten itu sudah ia laporkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) setempat.

Ia menuturkan amblesnya jalan itu karena duiker (gorong-gorong air) jebol setelah digerus air hujan. Kemudian di sekitar lokasi diberi banner peringatan agar warga dan pengguna jalan berhati-hati.

“Sudah kami laporkan ke PU, untuk sementara kami pasang papan peringatan. Belum tahu kapan akan dilakukan perbaikan, namun harapnya segera diperbaiki. Mengingat jalan itu merupakan jalan akses perekonomian warga,” katanya. (saw/saw)

Warga Tamansari Swadaya Perbaiki Jalur Alternatif Pantura

BBPJN V Siapkan Rp. 22 Milyar Untuk Perbaikan Jalan Pantura