Para Petani Kota Pasuruan Dapat 39 Handtractor Gratis

0
17

Pasuruan (wartabromo.com) – Kementerian Pertanian memberikan bantuan 39 hand tractor dan 39 hand sprayer untuk para petani Kota Pasuruan.

Sugiharto, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Pasuruan mengatakan, bantuan hand tractor dan hand sprayer tersebut diberikan untuk masing-masing 40 kelompok tani di Kota Pasuruan, dengan harapan dapat langsung dipergunakan untuk meningkatkan percepatan tanam padi di Kota Pasuruan, serta mendukung program swasembada beras.

“Ada 1 kelompok hanya menerima 1 hand tractor saja dan juga ada 1 kelompok lagi yang mendapatkan 1 hand sprayer, sedangkan yang lain menerima dua-duanya. Semoga bisa segera dimanfaatkan sesuai kebutuhannya,” kata Sugiharto.

Selama ini, untuk percepatan tanam padi di Kota Pasuruan sudah memenuhi target, baik jatim maupun nasional. Pemkot Pasuruan berhasil memperluas areal tanam padi dari target 3002 hektar pada tahun 2016 menjadi 3065 hektar. Begitu juga dengan target luas panen yang awalnya seluas  2733 hektar, kini menjadi 2989 hektar.

petani kota pasuruan'

“Apalagi target produksi padi kita juga mengalami surplus, yakni dari 19.000 ton/tahun, kami realisasikan menjadi Rp 20.227 ton. Dan khusus untuk target oktober-maret sebesar 1491 hektar, kita baru mencapai 1163, dan kami optimis akan melampaui target, karena bulan maret masih belum dimulai, ada waktu sebulan untuk kita kejar target, apalagi adanya bantuan handtractor dan handsprayer,” imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Setiyono mengungkapkan bahwa bantuan hand tractor dan handsprayer itu tak lepas dari usaha Pemkot Pasuruan yang terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Propinsi maupun pusat, salah satunya di bidang pertanian.

“Kebetulan waktu itu ada acara dengan Pangdam V Brawijaya. Nah untuk Bupati atau Walikota yang hadir mendapatkan prioritas dan menanyakan apa saja kebutuhan yang ingin dipenuhi, saya langsung mengusulkan bantuan pertanian, dan akhirnya direaliasikan hari ini. Semoga bisa langsung digunakan,” terangnya. (ron/yog)