Ini 8 Kecamatan Penghasil Durian Terbanyak di Pasuruan

5610

Pasuruan (wartabromo.com) – Setiap kali musim buah durian tiba, para pecinta buah yang satu ini selalu punya cara untuk menikmati durian dengan cara yang berbeda.

Di Kabupaten Pasuruan, total ada 8 Kecamatan penghasil durian, yakni di Purwodadi, Tutur, Puspo, Lumbang, Pasrepan, Purwosari, Prigen dan Sukorejo.

Kabid Holtikultura di Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Pasuruan, Dodik Setyawan mengatakan, total pohon durian yang tersebar di 8 kecamatan penghasil durian mencapai 738.935 pohon yang selama setahun produksi durian bisa mencapai 857.345 kuintal. Sedangkan produktifitas durian untuk masing – masing kecamatan berbeda.

Berikut data produktifitas durian di masing – masing Kecamatan dari Dinas Pertanian dan tanaman pangan Kabupaten Pasuruan :

Baca Juga :   Staf TNI AL Tewas Tersambar Kereta Api di Rel Tanpa Palang Pintu

1. Kecamatan Tutur tingkat produktivitas duriannya mencapai 131,03 kg/pohon

2. Kecamatan Puspo mencapai 120,71 kg/pohon

3. Kecamatan Purwodadi mencapai 119,99 kg/pohon

4. Kecamatan Lumbang mencapai 115,28 kg/pohon

5. Kecamatan Pasrepan mencapai 115,15 kg/pohon

6. Kecamatan Prigen mencapai 109,20 kg/pohon

7. Kecamatan Purwosari mencapai 105,80 kg/pohon

8. Kecamatan Sukorejo mencapai 90,29 kg/pohon

IMG_1007-1

Khusus untuk kecamatan Lumbang, ada beberapa jenis durian antara lain Durian Si Ali yang memiliki bentuk besar, warna kuning kehijau-hijauan, daging kuning agak putih, kulit agak tebal, dan rasa manis.

Selain itu ada juga Durian Bei yang memiliki cirri-ciri ukuran besar, kulit tebal kehijauan, rasa manis pahit. Kemudian Si Bajul yang berukuran lonjong, hijau, daging kuning dan rasa manis pahit.

Baca Juga :   Siswa Asal Surabaya Hilang di Gunung Arjuno

Durian Si Kasmin Ciri-cirinya adalah ukuran buah yang besar dan memiliki berat hingga 5 kg, bentuk agak lonjong, warna daging kuning, dan memiliki rasa sangat manis (tidak ada pahitnya sama sekali). (mil/yog)