Rumahnya Diterjang Angin, Kedua Warga Terima Bantuan dari Walikota

709

Pasuruan (wartabromo.com) – Misjem (79), warga RT 01 RW 01 Kelurahan Krapyakrejo dan Abdul Rokhim (43), warga RT 01 RW 07 Kelurahan Randusari, Kecamatan Gadingrejo kini tersenyum lega setelah rumahnya yang tersapu angin puting beliung pada Jumat (24/2/2017) lalu, dapat segera diperbaiki.

Ya, kedua warga miskin tersebut mendapat bantuan social rehab rumah dari Pemerintah Kota Pasuruan yang diserahkan langsung oleh Walikota Pasuruan, Setiyono, Rabu (22/3/2017). Untuk misjem menerima bantuan sebesar Rp 8.200.000, sedangkan Rokhim menerima sebesar Rp 4.251.000.

Yanuar Afriansyah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan menjelaskan, besaran bantuan kedua warga tersebut memang berbeda, lantaran tingkat kerusakan kedua rumah mereka juga berbeda.

Baca Juga :   Cerita Cara Setiyono Bagi-bagi Proyek (Bagian 1)

“Rumah ibu Misjem rusaknya lebih besar daripada rumah Pak Rokhim, sehingga besaran bantuannya pun tidak sama,” terangnya.

IMG_0481

Ditambahkan Yanuar, sebelum merealisasikan bantuan tersebut, BPBD Kota Pasuruan terlebih dulu melakukan identifikasi serta penghitungan besaran kerusakan dengan anggaran untuk memperbaiki rumah warga terdampak puting beliung. Selain dua rumah warga tersebut, pihaknya juga memberikan bantuan perbaikan alias service mesin perahu dan jaring kepada Azizah (50), warga Desa Karangasem, Kelurahan Karangketug sebesar Rp 5.355.000.

“Kita akan terus mendata berapa banyak rumah warga yang rusak maupun masyarakat yang mengalami kerugian akibat bencana, baik banjir maupun puting beliung,” imbuhnya.
Sementara itu, Walikota Setiyono berharap agar bantuan tersebut dipergunakan sebagaimana mestinya. Dalam artian, tidak digunakan untuk keperluan selain memperbaiki kondisi rumah yang rusak akibat diterjang angin putting beliung.

Baca Juga :   Tuding Pemerintah Tak Serius, Sakeramania Tuntut Pengelolaan Persekabpas Dilimpahkan ke Swasta

“Jangan dibuat beli kendaraan atau yang lain, karena rumah ini penting sebagai tempat berlindung dari hujan dan panas,” tegasnya di hadapan kedua warga penerima. (ron/yog)