22:55 - Monday, 21 August 2017
Monday, 27 March 2017 | 21:52

Jelang Nyepi, Gus Ipul dan Gus Irsyad Dikukuhkan Sebagai “Pecalang Tengger”


Tosari (wartabromo.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf dan Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf dikukuhkan sebagai Pecalang Tengger atau Petugas Keamanan Desa Adat oleh masyarakat Tengger.

Pengukuhan tersebut dilakukan di sela-sela acara Pawai Ogoh-Ogoh dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi 1939 Saka, di Desa Telogosari, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Senin (27/3/2017).

Adalah Pandito Eko yang mengukuhkan dua kepala daerah bersaudara tersebut dengan mengikatkan udeng kepala dan memberikan jaket bertuliskan “Pecalang Tengger” yang disaksikan langsung oleh ribuan warga Tengger dari berbagai desa di Kecamatan Tosari, Tutur dan Puspo.

IMG_0140-1

“Terima kasih sudah datang untuk membuka Pawai Ogoh-Ogoh dalam menyambut Hari Raya Nyepi 1939 Saka. Semoga Gus Ipul dan Gus Irsyad selalu dalam lindungan Sang Hyang Widi,” kata Eko, sesaat setelah pengukuhan.

Kedua kakak beradik tersebut mengaku bangga bisa menjadi bagian dari masyarakat Tengger. Menurut Gus Ipul, semangat Kebhinneka Tunggal Ika lah yang sampai sekarang masih mengikat seluruh bangsa Indonesia dari pengaruh apapun, termasuk isu-isu perpecahan.

“Dari Sabang sampai Merauke, semuanya adalah satu, yakni darah Indonesia. Maka dari itu, saya berterima kasih untuk seluruh masyarakat Tengger yang begitu luar biasa menyambut sekaligus menjadikan saya dan Bupati Irsyad sebagai warga kehormatan. Semoga kebersamaan ini akan terjalin sampai kapanpun,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gus Ipul mengajak seluruh warga Tengger menyanyikan lagu Indonesia Pusaka dan Balonku Ada Lima.

“Kenapa Balonku ada lima, karena meskipun sederhana tapi kalau kita bisa mengambil makna nya maka itu sama dengan persatuan dan kesatuan. Untuk itu, sekali lagi saya berterima kasih sudah diterima dengan baik oleh seluruh warga Tengger ini,” ungkapnya.

Untuk diketahui, jelang perayaan Nyepi, umat Hindu Tengger menggelar pawai ogoh-ogoh yang dihadiri langsung oleh Wagub Jatim tersebut. (mil/yog).

 

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Hindu Tengger Brang Kulon Gelar Pawai Ogoh – Ogoh Jelang Nyepi

Jelang Nyepi, Wisatawan Justru Serbu Bromo