03:00 - Senin, 20 November 2017
Selasa, 4 April 2017 | 14:27

Pemkab Probolinggo dan UNICEF Komitmen Sukseskan KLA

Probolinggo (wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan Unicef berkomitmen penuh dalam dongkrak indikator Kabupaten Layak Anak (KLA). Salah satunya dengan melakukan pencegahan Pernikahan Dini, untuk mensukseskan Program KLA dan meningkatkan IPM Kabupaten Probolinggo.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko saat menerima perwakilan Tim Unicef, yakni Felice Baker dari Unicef Jakarta dan Naning Puji Yulianingsih dari Unicef Surabaya, serta  Perhimpunan Rahima dan Yayasan Rumah Kita Bersama sebagai mitra kerja Unicef, Selasa (4/4/2017) di peringgitan rumah Dinas Wakil Bupati Probolinggo.

Kepada Wabup Timbul, Felice Baker menjelaskan bahwa program kerja Unicef yang menangani pencegahan Pernikahan Dini dilaksanakan selama 14 bulan. Dengan memberikan program kerja membuat pemetaan, peran pencegahan, penyusun data, modul modul untuk mengambil keputusan dan melatih TOT aktor yang berperan untuk perlindungan anak.

IMG-20170404-WA0069

“Harapannya, program Unicef yang mengangkat potensi pembangunan manusia serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dapat menciptakan Kabupaten Probolinggo layak anak. Program ini sebagai replikasi kabupaten/kota yang lainnya,” kata Felice Baker.

Program kerja berupa bimbingan teknis ini diberikan kepada daerah-daerah yang masih banyak terjadinya Pernikahan Dini. Di Kabupaten Probolinggo, ada dua kecamatan yang menjadi sasaran, yakni Kecamatan Krucil dan Kecamatan Paiton. Warga dua kecamatan ini, dinilai membutuhkan pengetahuan tentang dampak buruknya Pernikahan Dini.

Sementara Wabup Timbul, menuturkan bahwa daerahnya mendapat program Unicef sebagai salah satu pilihannya atas rekomendasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA). Selain itu, juga  Komitmen Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE agar supaya dapat mengangkat IPM Kabupaten Probolinggo dan program pembangunan untuk mendukung Kabupaten Probolinggo Layak anak.

Program kerja Unicef ini sangan bermanfaat dan membantu Pemkab dalam mencegahan Pernikahan Dini. Yang nantinya mensukseskan Program Kabupaten Probolinggo Layak Anak dan meningkatkan IPM. “Pemkab akanmemberikan suport penuh pada Unicef yang telah membantu Kabupaten Probolinggo. Harapannya, agar supaya Kabupaten Probolinggo semakin baik dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” ujar politisi asal Kecamatan Maron ini. (saw/**)

Komentar Anda

Komentar

Dua Pekerja Kayu Hanyut, Satu Ditemukan Tewas

Walikota Pasuruan Terima Predikat Kepala Daerah Inspiratif Kategori UMKM