16:51 - Sabtu, 25 November 2017
Jumat, 7 April 2017 | 18:29

Panitia Ujian Nasional Pasuruan Dikukuhkan Bupati

Pasuruan (wartabromo.com) – Jelang Ujian Nasional tingkat SMP/Mts tahun pelajaran 2016/2017 yang akan dimulai 2 Mei mendatang, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf mengukuhkan Panitia Ujian Nasional SMP/MTs, Program Paket A, B, C dan Ujian Sekolah SD/MI/SDLB, Jumat (7/4/2017).

Pengukuhan yang dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Iswahyudi, Kepala Kemenag , M. As’adul Anam  serta seluruh pejabat di Lingkup Dispendik itu sendiri.

Dalam pengukuhan tersebut, Bupati Pasuruan bertindak sebagai Penasehat, kemudian Iswahyudi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kemenag sebagai Penanggung Jawab. Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana adalah Sekretaris Dispendik Kabupaten Pasuruan dan Kabag TU Kemenag.

IMG_0077

Jumlah panitia Unas SMP/Mts yang dikukuhkan sebanyak 25 orang, sedangkan panitia Ujian Sekolah SD/MI sebanyak 24 orang.

Menurut Iswahyudi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, sebagai langkah awal menjelang pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, pihaknya telah melakukan beberapa langkah, diantaranya sosialisasi ke semua jenjang sekolah tentang informasi pelaksanaan ujian nasional dan ujian sekolah melalui rapat-rapat dinas, membuat Surat Edaran Bupati kepada Camat dan lembaga lainnya, mengadakan bimbingan secara kontinyu, try out berbasis komputer, menjaga kestabilan sekolah serta melaksanakan istighosah atau doa bersama.

“Intinya adalah kita berusaha untuk mensukseskan Unas dan Ujian Sekolah, tanpa ada cacat sedikitpun, baik itu Unas dengan sistem PBT maupun CBT,” kata Iswahyudi di sela-sela acara.

Pasca pengukuhan, seluruh anggota panitia Unas di Kabupaten Pasuruan, akan melaksanakan beragam tugas penting, di antaranya merencanakan Unas, Penandatanganan Pakta Integritas dengan satuan pendidikan, pendataan satuan pendidikan penyelenggara UN, Sosialisasi Unas di masing-masing wilayah, pendataan calon peserta Unas dan Pengawas, pencetakan daftar nominasi sementara peserta unas, pengkoordinasian data nilai, hingga pelaporan kegiatan Unas maupun Pasca Unas.

“Kita buladkan tekad untuk mensukseskan Unas SMP yang menjadi kewenangan kami, itu saja,” singkat Iswahyudi.

Seperti diketahui, Ujian Nasional SMP dibagi menjadi 19 sub rayon, kemudian Mts sebanyak 8 sub rayon. Sedangkan SD/MI sebanyak 24 sub rayon, sedangkan jumlah lembaga Paket A yang mengikuti Ujian sebanyak 4 lembaga, Paket B sebanyak 22 lembaga, serta Paket C sebanyak 20 lembaga.

Begitu pula untuk jumlah peserta ujian, total peserta mencapai 49.584 siswa, dengan rincian siswa SD negeri/swasta sebanyak 20.349 peserta, MI negeri/swasta sebanyak 4761 anak, Paket A 62 anak, Paket B 1660 anak, serta Paket C sebanyak 1254 anak, SMP negeri/swasta sebanyak 13.985 anak, MTs dengan 8139 siswa, 2619 peserta .

Sementara itu, Bupati Irsyad berharap agar seluruh siswa peserta Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah ddapat mempersiapkan diri sebaik-bauiknya dan selalu menjaga kesehatan selama ujian dilaksanakan, serta dapat melaksanakan sesuai dengan pedoman/ketentuan yang telah ditetapkan.

“Juga untuk seluruh panitia ujian tingkat rayon maupun sub rayon selalu koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan pihak lain yang terkait. Untuk masyarakat, Camat, Kepala Desa saya saya harapkan dapat mempelajari surat edaran yang telah saya buat, serta untuk para siswa-siswi agar pada saat pengumuman agar tetap menjaga ketertiban umum dan diupayakan tidak melakukan konvoi atau coret-coret baju,” tegas Irsyad dalam sambutannya. (mil/yog)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Pemkab Probolinggo Buka Seleksi Guru Tidak Tetap

MAN Bangil Buka Sekolah 2 Tahun Untuk Anak Cerdas