15:19 - Selasa, 21 November 2017
Sabtu, 8 April 2017 | 11:29

MAN Bangil Buka Sekolah 2 Tahun Untuk Anak Cerdas

Bangil (wartabromo.com) – Kabar gembira bagi calon siswa baru MAN Bangil yang memiliki Intellegence Quotient (IQ) tinggi atau tingkat kecerdasan istimewa. Sebab, Madrasah yang akan berganti nama menjadi MAN I Pasuruan ini akan membuka Program Peserta Didik Cerdas Istimewa atau PDCI pada tahun pelajaran 2017-2018 mendatang.

Syaiful Anwar, Kepala MAN Bangil mengatakan, melalui kurikulum Sistem Kredit Semester (SKS) yang akan diterapkan, peserta didik hanya butuh waktu 2 tahun untuk bisa menyelesaikan 3 tahun pendidikan di MAN Bangil. Untuk tahun ajaran baru mendatang, sudah ada 15 anak yang lolos untuk mengikuti kelas PDCI.

“Untuk 15 anak ini rata-rata IQ nya adalah 130, dan mereka adalah anak-anak yang punya tingkat kecerdasan di atas rata-rata sehingga layak dan lolos mengikuti PDCI,” kata Syaiful di sela-sela kesibukannya, Jumat (7/4/2017).

IMG_0057-1

Sebelum diterima menjadi bagian dari siswa kelas PDCI, para calon siswa harus menikuti beberapa rangkaian seleksi, mulai dari kesehatan, tes IQ, Psycho test serta ditambah bukti nilai raport semasa SMA dengan nilai raport rata-rata 8. Hanya saja, Syaiful menegaskan bahwasanya para siswa kelas PDCI harus merogoh kocek lebih dalam, lantaran akan dipergunakan untuk membeli buku beserta modul yang biasanya dipergunakan selama kelas X-XII.

“Pasti agak mahal karena kelasnya juga harus AC, kemudian untuk beli buku dll. Tapi kalaupun ternyata siswanya adalah anak kurang mampu, maka kita akan subsidi silang,” pungkasnya.

Ditambahkannya, meskipun dibuka kelas PDCI, akan tetapi idak berarti menghapus program yang telah digagas sebelumnya meskipun nantinya menerapkan SKS by school.

“Artinya menu program Full Day Agama, Full Day Umum dan Reguler di MAN Bangil tetap diberlakukan hanya saja ada tambahan PDCI itu. Nanti tim kurikulum yang mengatur”, urainya. (mil/yog)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Panitia Ujian Nasional Pasuruan Dikukuhkan Bupati

Khofifah Minta Ibu – Ibu Muslimat Tak Gagap Teknologi