12:50 - Sabtu, 25 November 2017
Rabu, 12 April 2017 | 21:28

Pelunasan BPIH Ditutup Tanggal 5 Mei 2017

Pasuruan (wartabromo.com) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan sudah mulai membuka pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

Para jamaah calon haji Kabupaten Pasuruan dipersilahkan untuk melunasi BPIH hingga tanggal 5 Mei mendatang.

Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh pada Kemenag Kabupaten Pasuruan mengatakan, sampai dengan berita ini ditulis, jumlah jamaah yang melakukan pelunasan masih sangat sedikit, yakni tak sampai 20 orang. Hal tersebut merupakan hal yang wajar, mengingat kebiasaan jamaah yang akan melunasi di detik-detik terakhir pelunasan.

 

“Masih ada belasan jamaah yang sudah melunasi BPIH, dan kami tunggu sampai tanggal 5 sebagai batas akhir pelunasan. Kita juga terus melakukan sosialisasi agar jamaah yang berangkat haji tahun ini tidak lupa dengan jadwal pelunasan yang kami berikan,” kata Imron di sela-sela kesibukannya, Rabu (12/04/2017).

Imron menyebut, pelunasan BPIH dijadikan satu dengan pelaporan pelunasan, lantaran terdapat perbedaan dengan pelaporan pada Perbankan atau bank yang dipercaya. Dicontohkannya, di hari pertama, tercatat di system Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) secara online sudah ada 30 jamaah yang sudah melunasi di bank. Akan tetapi para jamaah tidak serta merta langsung melapor ke Kemenag Kabupaten Pasuruan dengan menyertakan bukti pelunasan.

“Kami juga memahami bahwa mungkin karena antri di bank nya lama, sehingga tidak langsung melapor ke Kemenag,” imbuhnya.

Lebih lanjut Imron menjelaskan, setiap jamaah harus membayar sisa pembayaran dengan total Rp 35.666.250 apabila sebelumnya jamaah sudah membayar biaya awal sebesar Rp 20 juta atau Rp 25 juta. Untuk pelunasan tahap pertama, jumlah jamaah yang sudah masuk kuota pemberangkatan haji tahun ini sebanyak 1394 jamaah serta ditambah 84 jamaah yang masuk daftar cadangan.

“Kalau jamaah tidak melunasi sampai 5 mei, maka dianggap mengundurkan diri dan masuk kuota tahun berikutnya. Untuk itu saya himbau kepada jamaah yang berangkat haji tahun ini untuk segera melunasi BPIH sampai tanggal 5 mei,” tegasnya. (mil/yog)

 

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Tolak Ormas Radikal dan Dakwah Penebar Kebencian, Mahasiswa PMII Pasuruan Turun ke Jalan

K-9 Diterjunkan Amankan Hari Raya Paskah di Probolinggo