15:08 - Rabu, 20 Oktober 8432
Senin, 17 April 2017 | 13:11

10 Orang Tahanan Rutan Bersih – Bersih Alun – Alun Bangil

Bangil (wartabromo.com) – 10 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) II Bangil benar-benar merasakan udara segar di luar sel tahanan, Senin (17/04/2017) pagi.

Kesepuluh tahanan tersebut sejenak menikmati udara kebebasan di sekitar Alun-alun Bangil bersama dengan para petugas Rutan dan Laskar Maslahat alias para pasukan kuning. Mereka bergotong royong mempercantik Alun-alun Bangil dengan kegiatan mulai dari mencabuti rumput liar, mengecat trotoar, memangkas ranting yang rimbun, memungut sampah plastik, menyapu dan mengepel paseban alun-alun itu sendiri.

Abdulloh (34), salah satu narapidana kasus narkoba di Rutan II Bangil mengaku bahagia lantaran bisa menghirup udara segar di luar tahanan, meskipun hanya beberapa jam saja.

IMG_0206

“Gak terbayangkan mas, karena begitu nikmatnya bisa melihat dunia luar. Bisa melihat banyak orang yang beraktifitas seperti dulu lagi. Pokoknya senang sekali,” ungkapnya sembari mengepel lantai gazebo.

Abdulloh adalah salah satu narapidana yang dipekerjakan Rutan II Bangil untuk urusan bersih-bersih rutan bersama dengan warga binaan lainnya. Wahyu Indarto, Kepala Rutan II Bangil menjelaskan, seluruh warga binaan yang ikut kegiatan bersih-bersih Alun-alun Bangil adalah mereka-mereka yang telah menjalani hukuman selama dua pertiga dari total masa tahanannya.

“Warga binaan ini tinggal menunggu Surat Keputusan Pembebasan Bersyarat, sehingga tidak lama lagi mereka akan dapat berkumpul lagi dengan keluarganya,” katanya di sela-sela acara.

Ditambahkannya, acara bersih-bersih Alun-Alun Bangil merupakan bagian dari HUT Pemasyarakatan ke 53 tahun 2017. Ke depan, pihaknya tak hanya ingin mengajak para warga binaan membersihkan Alun-alun Bangil saja, akan tetapi juga berencana ke Pasar Bangil dan area public lainnya.

“Tadi kita juga sampaikan ke Pak Camat Bangil untuk rencananya kita bersih-bersih Pasar Bangil dan beliau juga merespon positif. Yang paling penting kita ingin berpartisipasi dengan masyarakat di luar Rutan Bangil, dan sambutannya luar biasa. Terima kasih untuk semuanya,” imbuhnya. (mil/yog)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

50 Persen Terumbu Karang di Gili Ketapang Rusak

Siswa SMPN 1 Grati Gelar Lomba Poster “Jangan Pernah Sakiti Bumi”