16:42 - Sabtu, 25 November 2017
Selasa, 18 April 2017 | 09:42

Biaya Rekomendasi Paspor Haji dari Kemenag Itu Gratis

Pasuruan (wartabromo.com) – Setiap calon jemaah umrah dan haji khusus yang akan mengurus paspor di kantor Imigrasi, harus mendapatkan rekomendasi dari Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota setempat tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan menjelaskan, aturan baru tersebut merupakan kesepakatan dari Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Kemenag untuk menekan maraknya tenaga kerja Indonesia yang non-prosedural.

“Selama ini banyak tenaga kerja Indonesia yang bekerja tidak sesuai dengan prosedur. Tak jarang, TKI non-prosedural menimbulkan dampak sosial, ekonomi, dan keselamatan terhadap TKI di luar negeri ataupun keluarga dan lingkungan sosialnya. Untuk itu, kami dari daerah siap untuk menjalankan amanah baru ini,” kata Imron.

IMG_0011

Dia menjelaskan, rekomendasi hanya akan diberikan kepada calon jemaah yang berangkat dari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang terdaftar resmi di Kementerian Agama.

Untuk pengajuan rekomendasi dilakukan calon jemaah umrah/haji khusus atau diwakili PPIU/PIHK dengan melampirkan surat kuasa dari calon jemaah, serta hanya diberikan kepada calon jemaah yang akan berangkat melalui PPIU/PIHK berizin resmi dari Kemenag.

“Kalau dulu setiap jamaah cukup melalui travel, tapi sekarang harus travel yang terdaftar di Kemenag Kabupaten Pasuruan. Sampai saat ini hanya Rosana yang terdaftar dan satu-satunya yang tercatat di kami,” ungkapnya.

Lebih lanjut Imron menambahkan, pihaknya akan memberikan persyaratan khusus dengan menyertakan surat atau ijin biro travel umroh, jika memang benar tercatat di Kemenag maka akan mendapat rekomendasi . Apabila tidak tercatat maka Kemenag tidak akan mengeluarkan rekomendasi dan otomatis tidak dapat mengurus paspor di imigrasi.

“Sampai sekarang sudah ada 300 surat rekom yang kami berikan kepada jamaah melalui travel maupun pribadi. Ada yang travel dari Pasuruan dan berbagai daerah lainnya. Intinya meskipun travelnya jauh, tapi jamaahnya dari Kabupaten Pasuruan, maka harus meminta rekom dari kami,” tandasnya. (mil/yog)

 

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Cari Santri Jago Kitab Kuning, DPC PKB Kabupaten Pasuruan Gelar Musabaqoh

Ikut Pecahkan Rekor MURI, 90 Tahanan Rutan Khatamkan Al-Qur’an 3 Kali Sehari