Habiskan Anggaran Rp. 650 Juta, Perpustakaan Pandaan Akhirnya Diresmikan

1783

Pasuruan (wartabromo.com) – Perpustakaan Pandaan yang dikerjakan dengan sistem multiyears selama 2015 dan 2016 dengan total anggaran mencapai Rp 620 Juta akhirnya diresmikan oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, Rabu (19/04/2017).

Peresmian tersebut menandakan dibukanya Perpustakaan Pandaan untuk seluruh masyarakat yang ingin membaca maupun meminjam segala bentuk bacaan di tempat tersebut.

“Perpustakaan Pandaan beda sekali dengan perpustakaan lainnya. Mulai dari bangunan sampai dengan sistem yang lebih canggih,” kata DP Soewarno, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pasuruan.

IMG-20170419-WA0081

Perpustakaan Pandaan dibangun dengan dua lantai yang lokasinya persis berada di sebelah barat Kantor Kecamatan Pandaan.  Perpustakaan itu dilengkapi dengan piranti pendukung yang modern, diantaranya security gate yang dipasang tepat di pintu masuk perpustakaan.

Baca Juga :   Awas! Leptospirosis Intai Warga Kota Probolinggo

Security Gate tersebut memiliki sensor pendeteksi dini, sehingga apabila ada pencurian buku maupun segala koleksi yang ada dalam perpustakaan tersebut, langsung diketahui.

Perpustakaan Pandaan juga memberlakukan kartu anggota yang memakai system elektronik. Bentuknya seperti KTP-el atau anjungan tunai mandiri (ATM), dan saat ini sudah didistribusikan untuk seluruh anggota yang sudah terdaftar. Selain itu, perpustakaan ini juga sudah memakai aplikasi inlis lite, yakni sebuah software yang biasanya digunakan oleh perpustakaan di sebuah universitas.

“Pokoknya keren, karena Inlis Lite ini juga bisa digunakan untuk pengecekan anggota online, back office, pendaftaran anggota sampai dengan check point. Intinya para pengunjung yang sudah menjadi anggota bisa mengaksesnya via internet atau online, termasuk di dalamnya update koleksi buku terbaru,” ujarnya.

Baca Juga :   Persekabpas Unbeaten, Tapi Masih Harus Ada Perbaikan di Sisi Ini

Dalam kesempatan ini, Bupati Pasuruan mengajak agar masyarakat turut serta meramaikan keberadaan perpustakaan sebagai salah satu fasilitas yang harus dimanfaatkan sebaik- baiknya.

“Saya ajak semua masyarakat Pandaan dan se-Kabupaten Pasuruan untuk datang dan berbondong-bondong ke Perpustakaan Pandaan, karena mulai dari buku pengetahuan umum, pendidikan, sosial, sudah ada semua, ” ujarnya. (mil/yog)