16:41 - Selasa, 24 Oktober 2017
Jumat, 21 April 2017 | 14:21

Berbusana Kebaya Ala Kartini, Para Polwan Cantik Beradu Ketangkasan Senjata

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebanyak 29 orang Polwan Polres Pasuruan Kota beradu kecepatan dalam bongkar pasang senjata.

Setidaknya itulah pemandangan yang terlihat di Halaman Mapolres Pasuruan Kota, Jumat (21/04/2017) siang. Puluhan polisi wanita yang biasanya memakai seragam, kini tiba-tiba berpenampilan bak Kartini, Pahlawan yang berjasa dalam memajukan nasib perempuan di Indonesia.

Sembari memakai kebaya, mereka diminta untuk mendemontrasikan bongkar pasang senjata Laras Panjang jenis V2 di hadapan seluruh anggota kepolisian termasuk Kompol Herlina, Wakapolres Pasuruan Kota.

IMG_0542-1

Menurut Herlina, aksi bongkar pasang senjata itu tak lain untuk menunjukkan sisi lain seorang Polwan, khususnya merubah mindset masyarakat yang menyatakan bahwa senjata identic dengan laki-laki.

“Jangan salah, perempuan jaman sekarang banyak yang lebih hebat dari laki-laki. Khusus untuk bongkar pasang ini, kita tegaskan bahwa polwan-polwan kita tanpa latihan, bisa langsung membongkar pasang senjata dalam hitungan tak sampai 5 menit,” kata Herlina yang juga memakai kebaya.

Dijelaskannya, senjata laras panjang V2 adalah senjata yang selalu dipergunakan oleh anggota pada saat melakukan patrol di sore hari. Sedangkan sejauh ini, Polres Pasuruan Kota juga memberikan senjata revolver untuk polisi yang tidak memakai seragam.

“Kalau yang bongkar pasang ini tidak kita masukkan pelurunya, sedangkan setiap harinya pasti kita lengkapi,” terangnya.

Sementara itu, dari semua polwan, Bripda Kurnia adalah yang paling cepat membongkar pasang senjata. Untuk membongkar saja, dirinya hanya membutuhkan waktu 2 menit, sedangkan memasang kembali senjata yang dibongkarnya sedikit lebih lama, yakni 3 menitan.

“Dulu ketika pendidikan pernah saya lakukan, tapi semenjak di Polres Pasuruan Kota ini sudah tidak pernah lagi. Baru pertama saya pegang dan saya masih ingat,” ungkapnya. (ron/yog)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Peringati Hari Kartini, Ibu – Ibu di Pasuruan Gelar Lomba Merangkai Bunga dan Buah

Warga Probolinggo Rayakan Isra’ Mi’raj dengan Perang Api