15:00 - Friday, 20 July 7077
Saturday, 22 April 2017 | 12:12

420 Pesilat dari 13 Perguruan ‘Adu Kesaktian’ Rebut Piala Bupati Cup 2017


Pasuruan (wartabromo.com) – Sebanyak 420 pesilat dari 13 perguruan di Kabupaten Pasuruan mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 2017, Sabtu (22/04/2017).

Pantauan wartabromo, sebanyak 420 peserta akan mengikuti 62 kategori dengan batasan usia, yakni usia dini mulai 9-12 tahun, pra remaja usia 12-14 tahun, remaja usia 14-17 tahun, serta dewasa terbatas usia 17-21 tahun.

“Kita juga melakukan penimbangan berat badan supaya ketika pertandingan imbang. Tidak ada yang gemuk melawan yang kurus,” Kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Abdul Munib.

IMG-20170422-WA0055

Ditambahkannya, ketiga belas perguruan pencak silat tersebut seluruhnya berasal dari semua kecamatan se-Kabupaten Pasuruan. diantaranya Perguruan Kuntu, tangan hati, tapak suci, PSHT, pagar nusa, tapak murni, badai, pencak organisasi, satria agung dan kopsi naga putih. Setiap pemenang akan dibina, untuk nantinya dipersiapkan dalam kejuaraan baik tingkat regional maupun nasional.

“Kita akan terus melakukan pembibitan dengan harapan kita dapatkan atlet yang bisa membawa nama harum Kabupaten Pasuruan. Salah satunya melalui kejuaraan ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Irsyad yang hadir dalam acara ini menegaskan bahwa pencak silat di Kabupaten Pasuruan mengalami perkembangan yang signifikan, bahkan telah menjadi salah satu cabang olahraga unggulan bagi Kabupaten Pasuruan untuk meraih prestasi di bidang olahraga.

“Hal ini kita buktikan dengan keberhasilan para pesilat Kabupaten Pasuruan yang meraih prestasi di berbagai ajang dan event, termasuk salah satunya Rudi Susanto yang meraih medali emas dalam ajang PON Jawa Barat baru-baru ini. Untuk itu, kita akan terus memburu talenta-talenta yang berbakat di dunia olahraga pencak silat ini. Juga untuk olahraga lainnya, kita akan fokus melalui Dinas Pemuda dan Olahraga yang baru terbentuk,” kata Irsyad dalam sambutannya.

Di sisi lain, pembukaan acara Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 2017 tersebut dimeriahkan dengan atraksi jurus baku tunggal persilat rh Sofi Aulia, juara O2SN SD Kabupaten Pasuruan, tampilan seni pencak silat ganda oleh Rizky-Achmad Yuslam yang merupakan juara POR SD se-Kabupaten Pasuruan, serta seni penca silat beregu dr perguruan tapak suci.

Tak hanya itu saja, dimulainya acara tersebut ditandai dengan penyerahan golok pertandingan dari Bupati Irsyad selaku Ketua Dewan Pembina IPSI Kabupaten Pasuruan kepada Nawawi Sulaiman selaku sesepuh IPSI. (mil/yog)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Ribuan Riders Ikuti Pasuruan Trail Adventure 2017 di Nguling

Ini Pendekar Silat Pilih Tanding Peraih Bupati Cup