16:51 - Sabtu, 25 November 2017
Kamis, 27 April 2017 | 12:50

Kendalikan Inflasi, TPID Gelar FGD Bersama Pemkab Pasuruan

Pasuruan (wartabromo.com) – Untuk mengendalikan inflasi daerah agar tetap rendah dan stabil, Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar Forum Grup Discussion (FGD) dan Koordinasi Sinkronisasi Program Kegiatan Pengendalian Inflasi Daerah, di Gedung Serbaguna Pemkab Pasuruan, Kamis (27/04/2017).

FGD tersebut dibuka oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, dan dihadiri oleh Edi Prio Pambudi selaku Ketua Tim Teknis Kelompok Kerja Nasional Tim Pengendali Inflasi Daerah (Pokjanas TPID), Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Dudi Herawadi, Sekda Kabupaten Pasuruan, Agus Sutiadji, serta seluruh Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, serta camat se-Kabupaten Pasuruan.

Dalam sambutannya, Bupati Irsyad  mengingatkan tugas dan kewajiban Tim Pengendali Inflasi Daerah Kabupaten Pasuruan, seperti mengevaluasi sumber-sumber dan potensi tekanan inflasi yang mungkin atau sedang terjadi, merekomendadikan kebijakan-kebijakan yang mendukung pengendalian inflasi, serta melakukan pemantauan terhadap kebijakan-kebijakan tersebut.

IMG_0911

“Saya juga berharap agar TPID ini bisa melakukan komunikasi, sosialisasi dan publikasi, serta memberikan himbauan kepada masyarakat mengenai hal-hal yang diperlukan dalam menjaga stabilitas harga, Juga untuk mengoptimalkan penyediaan, pemanfaatan dan penyebar luasan info yang kredibel dan mudah diakses mengenai produksi, pasokan dan harga bahan pokok,” katanya.

Tak hanya itu saja, adik kandung Wagub Jatim, Gus Ipul itu juga meminta kepada instansi pendukung seperti BPS (Badan Pusat Statistik), Polres dan Polres Pasuruan Kota, untuk dapat membantu memperlancar tugas TPID dalam distribusi barang dan jasa.

“Inflasi yang rendah dan stabil merupakan prasyarat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, pihak-pihak lain seperti BPS dan kepolisian sangat berperan juga untuk mendukung pengendalian inflasi ini,” terangnya.

Sementara itu, Edi Prio Pambudi, menegaskan bahwa pengendalian inflasi memerlukan sinergi kebijakan antar lembaga. Edi mengatakan saat ini telah dilakukan penyusunan pemetaan tentang pengendalian inflasi, yang disusun berdasarkan masukan mengenai permasalahan serta solusi pengendalian inflasi di seluruh Indonesia.

“Kami meminta agar ada saran maupun masukan terkait pemetaan tersebut dapat disampaikan oleh seluruh TPID di Tanah Air,” harapnya. (mil/yog)

Komentar Anda

Komentar

Manfaatkan Daur Ulang, Mebel Probolinggo Ini Tembus Amerika

Sepuluh Ribu Nelayan Probolinggo Terlindung Asuransi