Sepekan, Bumbu Dapur Naik Pada Kisaran Rp 5 Ribu Hingga Rp 15 Ribu

932

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebagian kebutuhan bahan pokok, terutama harga untuk bahan kebutuhan dapur di pasar besar Kota Pasuruan dalam sepekan ini terpantau mengalami kenaikan dengan rata-rata kisaran Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu.

Salah satu pedagang, Syifa’ (45), mengatakan bahwa kenaikan tajam terjadi pada bawang putih yang saat ini tiap kilogram mencapai Rp 45 ribu dari sebelumnya sebesar Rp 30 ribu.

PicsArt_05-09-11.47.56

“Naiknya seminggu ini merangkak lima ribuan, mulai Rp 35 ribu, Rp 40 ribu sampai hari ini Rp 45 ribu,” terang Syifa’, sambil mengupas kulit bawang putih. Selasa (9/5/2017}

Hal sebaliknya justru terjadi pada harga bawang merah, yang mengalami penurunan signifikan dari sebelumnya mencapai Rp 35 ribu kini hanya sebesar Rp 25 ribu. Sementara harga bawang bombay disebut masih dalam kisaran harga tetap pada kisaran Rp 15 ribu per kilogram.

Baca Juga :   Direktur PDAM Kabupaten Pasuruan Dilantik, Ini PR yang Harus Ditunaikan

Untuk harga cabe merah besar juga naik dari sebelumnya Rp 30 ribu kini menjadi Rp 35 ribu perkilogramnya, meskipun harga cabe rawit mengalami penurunan sebesar Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu, dari sepekan lalu Rp 85 ribu kini menjadi Rp 75 ribu.

Sedangkan untuk cabe rawit hijau meningkat lumayan tinggi dari Rp 50 ribu ke Rp 60 ribu perkilogram.

Pada harga sayur mayur secara umum dikatakan cukup stabil diantaranya tomat dan wortel, meskipun mengalami kenaikan tapi terbilang cukup kecil, pedagang menjualnya masing-masing sebesar Rp 10 ribu dan Rp 15 ribu tiap kilogramnya.

“Sayur stabil, kaya kentang itu stabil sejak minggu lalu masih bertahan Rp 12 ribu,” ujar Syifa’. (ono/ono)

Baca Juga :   Pasutri Terjatuh Dari Motor, Suami Tak Terlindungi Helm Tewas di Rumah Sakit