12:49 - Sabtu, 25 November 2017
Jumat, 12 Mei 2017 | 07:23

Dua Turis Perancis Tersesat di Gunung Bromo Ditemukan

Sukapura (wartabromo.com) – Setelah sempat dihentikan, dua turis perempuan asal Perancis, dilaporkan tersesat di kawasan Gunung Bromo, pada Kamis (11/5/2017) malam, berhasil ditemukan di salah satu jurang antara Gunung Bromo dengan Gunung Batok.

“Survivor sudah ditemukan sekitar pukul dua empat dinihari. Sudah kami evakuasi dengan keadaan selamat. Mereka tampak kedinginan, karena hanya membawa pakaian yang digunakan saja,” ujar Sunarip Darmanto, relawan dari Bromo Lovers, Jumat (12/5/2017).

Saat ditemukan, keduanya mengenakan jaket merah dan hitam, dan hanya bercelana pendek.

Petugas harus menggunakan tali untuk melakukan evakuasi terhadap keduanya, karena kondisi tebing yang curam dan berbatu.

“Kami langsung membawa mereka ke Puskesmas Sukapura untuk diperiksa kesehatannya. Mereka hanya kedinginan setelah hampir semalaman berada di area terbuka dan kehabisan bekal,” ungkap Camat Sukapura Yulius Christian.

IMG-20170512-WA0001 IMG-20170512-WA0009

Yulius juga mengatakan pencarian oleh beberapa petugas gabungan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), polisi, TNI, Bromo Lovers dan warga sempat dihentikan.

Ada sebagian besar yang sudah turun dan merencanakan pencarian untuk dilanjutkan pada esok hari. Beruntung sebagian tim lain ternyata masih berada di atas puncak dengan melakukan penyisiran.

“Tapi ada sebagian tim yang masih diatas. Mereka inilah yang menemukan titik atau posisi dua turis itu dan melapor via handy talkie. Sehingga, kami yang di bawah kemudian kembali lagi dengan personil yang lebih banyak dengan peralatan lebih lengkap,” kata mantan Kabag Kominfo ini.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, dua turis asing Perancis, yang bernama Pauline Lanzini dan Zelie Tirand, tersesat di kawasan wisata Gunung Bromo, pada Kamis siang.

Tersesatnya kedua wanita itu diketahui oleh petugas PVMBG Bandung setelah mendapat informasi dari pengamat gunung api di Jogyakarta.

Pengamat ini meneruskan info setelah menerima telepon dari staf Kedutaan Besar Perancis, yang dihubungi kedua wanita itu. (saw/saw)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Pencarian Dua Turis Perancis Tersesat di Gunung Bromo Dihentikan

Tabrak Pohon, Dua Siswa SMPN 11 Kota Pasuruan Tewas