10:55 - Sunday, 20 August 2017
Thursday, 18 May 2017 | 19:55

2018, Tunjangan Perangkat Desa Naik


Pasuruan (wartabromo.com) – Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, pastikan tunjangan perbaikan untuk perangkat desa naik pada tahun anggaran 2018 nanti.

Kepastian menaikkan tunjangan tersebut dilontarkan di hadapan ratusan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Pasuruan, di pendapa Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Kamis (18/05/2017) sore.

Dikatakan besaran tunjangan untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa yang memiliki hak tanah bengkok mendapatkan tambahan Rp 650 ribu. Sedangkan kepala desa dan perangkat desa yang tidak memiliki hak tanah bengkok mendapatkan tunjangan sebesar Rp 750 ribu/bulan.

PicsArt_05-18-07.47.12

“Saya katakan sore ini, bahwa tunjangan kesejahteraan untuk kepala desa dan perangkat desa akan saya naikkan mulai tahun 2018 mendatang. Jadi saya himbau untuk semua kepala desa dan perangkat desa untuk tetap bekerja secara profesional demi memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” kata Irsyad.

Kepala desa dan perangkat dikatakan merupakan tonggak pemerintahan di desa yang bertugas mewakili kepala daerah dalam menyerap seluruh aspirasi warga desa.

Asisten Pemerintahan, Anang Saiful Wijaya, menjelaskan, jumlah kepala desa yang tidak memiliki hak tanah bengkok sebanyak 51 orang, sedangkan kades yang tidak memiliki hak tanah bengkok sejumlah 290 orang.

Sedangkan perangkat desa yang tak memiliki hak tanah bengkok bwrjumlah 691 orang dan perangkat desa yang punya hak tanah bengkok sejumlah 3.813 orang.

“Total anggaran untuk pemberian tunjangan kesejahteraan kades dan perangkat mencapai Rp 45 Milyar lebih,” terang Anang.

Sebelumnya sejak pagi hingga sore tadi, ratusan perangkat desa menggelar aksi demo menuntut perbaikan tunjangan.

“Tunjangan perbaikan untuk perangkat desa sebesar Rp1,7 juta, jumlah itu kecil jika dibandingkan dengan tugas kita di desa,” kata Subandi, perwakilan perangkat desa.

Dengan tambahan tunjangan sebagaimana yang telah dijanjikan Bupati Pasuruan dikatakan oleh Subandi setidaknya sudah dapat meningkatkan tugas pelayanan kepada warga di desa. (mil/ono)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Kholifah Resmi Ganti Suaminya, Jabat Kades Sekarputih

Tahun Ini, 350 Rumah di Pasuruan Bakal Dibedah