16:43 - Selasa, 24 Oktober 2017
Selasa, 6 Juni 2017 | 23:23

KAI Daops 8, Jamin Keamanan dan Kenyamanan Pemudik

Pasuruan (wartabromo.com) – Menghadapi musim mudik pada lebaran nanti, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops 8 Surabaya, terus melakukan perbaikan dan perawatan rel, sebagai satu upaya menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik.

Hal tersebut tampak dalam beberapa waktu terakhir, aktifitas kereta khusus perawatan, kerap lalu lalang melintasi jalur kereta, terutama pada waktu malam hari.

“Pada Ramadhan dan menjelang arus mudik lebaran, pemeriksaan rel lebih sering dilakukan. Biasanya kereta (khusus perawatan) beroperasi malam hari,” kata A Hasim, salah satu petugas Stasiun Pasuruan, Selasa (6/6/2017).

Sebelumnya, Kepala PT KAI Daops 8 Surabaya, Andika Tri Putranto, menjamin keselamatan dan kenyamanan pemudik, diantaranya dengan melakukan perawatan kereta sekaligus jalur rel.

IMG-20170606-WA0029

Disebutkan secara rinci, bahwa perawatan dilakukan dengan sistim shift setiap 8 jam pada area Daops 8 yang meliputi Surabaya, Sidoarjo, Malang, Bojonegoro hingga Pasuruan.

“Tentu saja agar perjalanan kereta tidak mengalami gangguan, seperti anjlok atau kejadian lainnya. Sehingga pemudik benar-benar aman dan nyaman,” ujar Andika.

Selanjutnya pada persiapan mudik ini, KAI juga menambah tenaga tambahan yang dapat diterjunkan jika jalur rel kereta mengalami gangguan.

Untuk itu, konsentrasi utama pada titik-titik rawan seperti jalur Lapindo Porong Sidoarjo, yang dinilai rawan rawan terjadi tanah longsor sehingga merusak jalur rel kereta.

Kekuatan polisi khusus (Polsuska) untuk keamanan juga ditambah, disiagakan di sejumlah simpul selama musim arus mudik nanti.

Selain itu dalam peningkatan pelayanan, mulai 15 Juni 2017 hingga 6 Juli 2017, KAI pun menambah enam jadwal pemberangkatan kereta api terutama untuk rute Jakarta-Surabaya atau sebaliknya. (ono/ono)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Irsyad ‘Cubit’ Perusahaan Keluarkan CSR Untuk RTLH

Pol PP Probolinggo Tutup Paksa Usaha Galian C Ilegal