15:11 - Minggu, 25 November 9956
Selasa, 6 Juni 2017 | 13:09

Menapak ‘Masjid Turki’ di Jember

Jember (wartabromo.com) – Akhirnya ada oleh-oleh (cerita baru) dari Jember, begitulah kira-kira kalimat yang muncul, saat wartabromo.com jalan-jalan dan menjumpai sebuah masjid berdiri nan megah di pinggir jalan raya.

Tempat ibadah kaum muslimin ini bernama Masjid Akbar Roudhotul Muchlisin, berada di Jl. Gajahmada no. 180, Kelurahan Condro, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.

Saat berada di halaman depan masjid, tanpa sengaja terdengar percakapan sejumlah pengunjung yang menyebut bahwa gaya dan arsitektur masjid menyerupai bangunan masjid di Turki pada umumnya.

Benar saja, tidak berapa lama penglihatan kita sudah disilaukan dengan warna kuning keemasan menonjol mendominasi sekeliling masjid. Dan di dalam masjid, kita bakal terperangah mendapati beragam ukiran dan ornamen pahatan menghias, dengan pilar-pilar berukuran besar tegak, tampak begitu kokoh menopang bangunan masjid.

Hal menarik lainnya dari masjid ini adalah rangkaian ayat-ayat suci Al-Quran dan sejumlah lafal-lafal Allah tertulis menghiasi dinding hingga langit-langit masjid.

Beberapa surat dalam Al-Quran yang tertulis pada dinding dan langit-langit itu, konon dicetak tangan oleh ahli Al-Quran dari Cirebon, diantaranya surat Asmaul Husna, Al-Fatehah, Ar-Rahman sampai surat Al-Wakkiah dan banyak lagi ayat-ayat lainnya.

Beberapa pengunjung terlihat asik berdiam diri sejenak menikmati kemewahan bangunan masjid dua lantai itu dan pengunjung lain menyebar nampak tengah tekun beribadah sholat sunah maupun membaca Kitab Suci Al-Quran.

Cukup bisa dibayangkan suasana dan kehangatan, waktu di dalam masjid dengan segala ragam bentuknya itu, memang serasa berada di Turki.

KH Syamsul Arifin, pengelola Masjid Roudlotul Muchlisin, menuturkan bahwa masjid ini dari segi konsep sengaja dibangun sangat unik mirip arsitektur ala Turki sehingga berbeda dengan masjid di wilayah Jember pada umumnya.

“Kami semuanya memang menginginkan tempat ibadah yang indah, nyaman dan bersih. Ya semoga masjid ini akan terus berkembang,” kata KH Syamsul Arifin, Minggu (5/6/2017).

me2

Puas berkeliling dalam ruangan, kita dapat menengok kembali luar bangunan megah ini. Lahan parkir untuk semua jenis kendaraan di masjid ini sangat luas dan cukup aman lantaran hanya memiliki satu pintu masuk maupun keluar.

Nah ini lagi yang cukup melengkapi kepuasan berada di masjid Masjid Akbar Roudhotul Muchlisin. Puluhan pohon kurma yang ukurannya masih sangat kecil, yang diperkirakan dalam kurun 5-6 tahun akan tumbuh besar yang nanti menjadi daya tarik tersendiri.

Di sebelah areal parkir masjid, kios-kios dalam bentuk pujasera berderet menyediakan beraneka makanan dan minuman. Jangan khawatir, harga makanan di tempat ini tidak menguras kantong.

Bahkan sambil menikmati makanan, kita disuguhi keindahan air mancur dengan latar tulisan Roudhotul Muchlisin, yang juga banyak banyak dimanfaatkan pengunjung mengabadikan momen indah bersama dan berswa-foto.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember sepertinya serius akan menjadikan masjid ini sebagai identitas dan ikon religi Kabupaten Jember, sehingga menjadi salah satu jujugan wisata (destinasi) baru.

Dari catatan, diperoleh keterangan bahwa setiap hari hampir 1000 sampai 1500 pengunjung datang ke masjid ini. Pada Ramadan jumlah pengunjung diperkirakan meningkat lebih dari dua kali.

Masjid bernuansa Turki ini letaknya sangat strategis, berada di tengah-tengah Kota Jember, berjarak sekitar 3 Km dari alun-alun dan hanya berjarak sekitar 1 Km dari pusat perbelanjaan di Jember.

Masjid ini berada di tanah wakaf seluas 1 hektar, berdiri sejak tahun 1978. Namun, di tahun 2009, takmir dan pengurus masjid melakukan pemugaran hingga menjadi masjid megah, bak berada di Turki. (man/ono)

Komentar Anda

Komentar

Membincang Arifin, Penghafal Qur’an yang Miliki Keterbatasan Melihat

Asik, Superman Hadiri Pondok Ramadan Siswa SD di Masjid Cheng Hoo