04:10 - Minggu, 22 Oktober 2017
Rabu, 21 Juni 2017 | 21:05

Cegah Aksi Kriminal di Musim Mudik, Polisi Pasang Gembok Ganda Di Perumahan

Kademangan (wartabromo.com) – Komplek perumahan yang tersebar di wilayah hukum Polresta Probolinggo rawan dengan aksi kriminalitas saat ditinggal mudik lebaran 2017. Untuk antisipasi tingginya kriminalitas, salah satu langkah yang dilakukan adalah menggembok rumah warga yang ditinggal mudik.

Aksi gembok tersebut dilakukan dalam sebuah patroli diantaranya di perumahan Kopian Kecamatan Kademangan. Pasalnya, di perumahan yang terdapat ratusan kepala keluarga tersebut, mayoritas ditinggal penghuninya dan rawan aksi kejahatan.

Patroli dipimpin langsung Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurizal dan masih banyak ditemui rumah yang belum terkunci dengan aman. Kapolres pun menggembok rumah warga yang kosong.

IMG-20170621-WA0015

“Ini kami lakukan demi keamanan masyarakat Kota Probolinggo dari aksi kejahatan jelang Lebaran. Selain itu kami juga menyediakan gembok untuk pengamanan ganda rumah warga,”kata AKBP. Alfian, Rabu (21/6/2017).

Alfian juga meminta warga tetap melakukan ronda di lingkungan masing-masing. Menurutnya Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) yang dilaksanakan warga sangat efektif untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas di lingkungannya. Meski mendorong warga untuk Siskamling, polisi juga melakukan penebalan pengamanan dititik rawan kriminalitas.

“Kita dorong warga untuk meningkatkan siskamling disaat menjelang dan usai lebaran. Disisi lain, kami juga mensosialisasikan call center 24 jam ke masing-masing polsek terdekat jika ada tindakan pencurian atau tidak pelanggaran pidana lain saat penghuni mudik,” terang alumnus Akpol tahun 2000 ini.

Kulup Sugianto, salah satu warga perum Kopian, mengatakan kegiatan cek dan pembagian gembok oleh pihak kepolisian sangat bagus. Warga perumahan, menilai hal itu sangat berarti, karena memberikan rasa aman saat ditinggal mudik.

“Memawakili warga perumahan kopian, kami berterimakasih ke bapak kapolresta yang turun langsung untuk melakukan patroli di lingkungan kami. Hal ini sangat membantu karena meminimalisir pencurian rumah kosong saat hari raya Idul Fitri ini,” ujar Kulup. (fng/saw)

Komentar Anda

Komentar

Ada Penembak Jitu di Jalur Pantura Untuk Amankan Pemudik

Napi ‘Curhat’ ke Kapolresta, Agar Dapat Pekerjaan Layak Saat Keluar Dari Penjara