04:10 - Minggu, 22 Oktober 2017
Sabtu, 15 Juli 2017 | 22:59

Tingkatkan 1,8% Peserta KB, Bupati Pasuruan Kembali Dianugerahi Satya Lencana Pembangunan

Lampung (wartabromo.com) – Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf untuk kali kedua kembali dianugerahi Satya Lencana Pembangunan. Kali ini penghargaan di bidang  pembangunan itu diberikan setelah dinilai mampu meningkatkan 1,8% jumlah kepesertaan Program Keluarga Berencana (KB) menjadi 72,8% dibandingkan tahun lalu.

Penghargaan dari Presiden RI, bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani, dalam acara Puncak Hari Keluarga Nasional ke XXIV tahun 2017 di Propinsi Lampung, Sabtu (15/07/2017).

Peningkatan jumlah peserta KB di Kabupaten Pasuruan, dapat diketahui dari sejumlah data, yang menunjukkan adanya jumlah kelahiran tiap 1000 perempuan berusia 15-49 tahun (fertilitas) dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan penduduk mencapai 1,9.

Angka tersebut dimaknai sebagai Rasio pada jumlah setiap tahun hanya terdapat 1 atau paling banyak 2 ibu yang melahirkan dari 1000 perempuan yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Sesaat setelah penganugerahan, Irsyad Yusuf menegaskan, ledakan penduduk bisa saja terjadi apabila tidak ada antisipasi atau upaya pengendalian dalam bentuk atau program lain, karena tidak hanya sebatas melakukan sosialisasi program KB seperti pada umumnya.

Selama ini pihaknya telah mencanangkan Kampung KB sejak tahun 2015 lalu seperti Pilot Project (Proyek Percontohan) di Dusun Kalikunting, Desa Tambakan, Kecamatan Bangil, Pasuruan.

“Kita harapkan program kampung KB ini dapat lebih menyentuh pada masyarakat yang membutuhkan terutama pada fasilitas kesehatan dan pendidikan,” ujar Irsyad Yusuf.

Tanda Kehormatan Satya Lencana tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 59/TK/2017 Tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana kepada Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf yang dinilai memiliki komitmen dalam mendukung program Pemerintah Pusat, yakni Program Keluarga Berencana.

Sebelumnya, Irsyad juga telah mendapatkan penghargaan serupa, hanya saja di bidang koperasi yang diberikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, di lapangan Karebosi, Makassar, Rabu (12/7/2017) lalu. (mil/ono)

 

Komentar Anda

Komentar

Presiden Jokowi Anugerahi Satya Lencana Pembangunan ke Bupati Pasuruan

Dinilai Berhasil Sokong Program KB, Bupati Probolinggo Terima Satyalancana Pembangunan