16:44 - Selasa, 24 Oktober 2017
Minggu, 16 Juli 2017 | 08:20

Dinilai Berhasil Sokong Program KB, Bupati Probolinggo Terima Satyalancana Pembangunan

Kraksaan (wartabromo.com) – Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari menerima tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan dari Presiden RI Joko Widodo. Penghargaan ini diberikan setelah dinilai berhasil upaya mendorong dan menyokong program Bidang kependudukan dan keluarga berencana.

Penghargaan itu diterima Bupati Tantri dari tangan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia RI, Puan Mahagoni, yang mewakili Presiden Joko Widodo. Penghargaan diberikan dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) Way Halim, Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Sabtu (15/7/2017).

Bupati Tantri mengucapkan syukur atas penghargaan tersebut. “Ini seperti bintang. Ternyata, kalau kata orang sebelumnya belum mampu, sekarang mampu. Satyalancana pembangunan ini, terfokus pada pembangunan manusia melalui organ terkecilnya, yakni keluarga. Pembangunan lewat ini, dinilai paling efektif baik dalam peningkatan kesehatan, hingga kesejahteraan,” tuturnya kepada wartabromo.com.

Menurut istri Hasan Aminuddin ini, sebuah keluarga perlu didorong agar mampu mengimplementasikan tiga fungsi utama. Pertama, keluarga adalah tempat pertama mengenal agama yang meliputi 12 nilai dasar. Yaitu iman, taqwa, kejujuran, tenggang rasa, rajin, kesalehan, ketaatan, suka membantu, disiplin, sopan santun, sabar dan ikhlas serta kasih sayang.

Kemudian yang kedua, keluarga memiliki tanggung jawab untuk menanamkan nilai-nilai luhur yang selama ini sudah menjadi panutan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Seperti toleransi dan saling menghargai, goyong royong, sopan santun, kebersamaan dan kerukunan, kepedulian, dan cinta tanah atau nasionalisme.

“Yang terakhir adalah kasih sayang menjadi komponen utama dalam membentuk karakter seorang anak. Orang tua berkewajiban menciptakan suasana yang penuh kasih dan sayang di tengah-tengah keluarga,” tandas Bupati wanita pertama di Probolinggoi ini. (saw/saw)

Komentar Anda

Komentar

Tingkatkan 1,8% Peserta KB, Bupati Pasuruan Kembali Dianugerahi Satya Lencana Pembangunan

Honor Petugas, Sedot Separuh Dana Pilbup Probolinggo