Akan Resmikan Proyek Umbulan, JK Bakal Lintasi Jalan Rusak

0
77

Winongan (wartabromo.com) – Rencana Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla berkunjung ke Pasuruan untuk melakukan peresmian kegiatan awal pembangunan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Umbulan, pada Kamis, 20 Juli 2017 nanti, sepertinya bakal melintasi jalanan rusak dan bergelombang karena aspal tertimbun tanah.

Dari jadwal kunjungan yang beredar, Wapres JK akan mengendarai mobil menuju Umbulan bersama sejumlah pejabat penting lainnya, setelah terbang menumpang helikopter dari Juanda dan mendarat di lapangan TNI AU Raci Pasuruan.

Namun, perjalanan para pertinggi negara tersebut, sepertinya akan mendapat tantangan, terutama saat melintas di antara jalan Desa Winongan Kidul sampai Desa Lebak, Kecamatan Winongan, yang masih menyisakan perjalanan kira-kira mencapai 4 kilometer menuju Umbulan.

Jalur utama menuju lokasi ini, mengalami kerusakan cukup parah. Pantauan pada Selasa (18/7/2017) siang, kondisi jalan masih banyak lubang karena aspal mengelupas. Selain itu, di jalanan ini, masih banyak dijumpai jalan bergelombang karena banyak timbunan tanah menutupi jalan aspal.

Harapan untuk dapat menemukan perbaikan jalan untuk persiapan penyambutan orang nomor dua di republik ini juga tidak ditemui.

Eko Bagus Wicaksono, Kasi Pemeliharaan Jalan PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan saat dikonfirmasi tentang persiapan jalan raya Winongan – Umbulan yang menjadi rute Wakil Presiden RI ini, justru mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu petunjuk dari pimpinannya.

“Sampai saat ini belum ada petunjuk terkait jalan Winongan – Umbulan, yang jelas untuk perbaikannya kita menunggu anggaran bencana dari BPBD,” kata Eko Bagus Wicaksono.

Kondisi tersebut juga sempat menjadi sorotan. Beberapa warga yang kebetulan mengetahui bakal ada tamu istimewa untuk melakukan peresmian proyek Umbulan, mempertanyakan keseriusan pemerintah daerah terkait kunjungan ini.

“Yang datang ini pejabat negara, bukan pejabat desa. Masa Wakil Presiden RI akan lewat jalan rusak seperti ini,” sesal Saifudin, warga Desa Winongan Kidul.

Sementara diinformasikan, jika
keamanan pada kunjungan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla untuk proyek SPAM Umbulan ditegaskan sudah dipersiapkan.

Hal ini dilihat dari upaya berupa pengerahan petugas pengamanan yang dilakukan oleh TNI maupun Polri dalam beberapa waktu terakhir, diantaranya telah berada di lokasi yang berada di Dusun Mulyorejo Desa Umbulan Kecamatan Winongan itu. (har/ono)