12:38 - Saturday, 19 August 2017
Tuesday, 18 July 2017 | 10:06

Peternakan Ayam Terbakar, Pengusaha Rugi 300 Juta


Kraksaan (wartabromo.com) – Sebuah peternakan ayam potong di Desa Asembagus, Kecamatan Kraksaan ludes diamuk si jago merah. Meski tidak ada korban, pemilik usaha mengalami kerugian materi mencapai Rp. 300 juta.

Berdasarkan informasi yang didapat wartabromo.com, kebakaran peternakan milik Widodit (31), yang berlokasi di Dusun Asemkandang RT.05 RW.01 itu, terjadi sekitar pukul 5.00 WIB.

Api tiba-tiba muncul di salah satu sudut dan langsung menjalar ke seluruh area kandang berukuran 9 meter X 43 meter bertingkat 3 itu.

Upaya petugas damkar dibantu warga hingga sejumlah petugas Pol PP saat itu pun tidak mampu memadamkan api, hingga tanpa ampun meluluhlantakkan bangunan yang terbuat bambu beratap asbes itu.

Tak hanya itu, ayam sebanyak 8. 000 ekor yang berada di dalam kandang semi permanen ikut terpanggang.

“Nggak tahu awalnya dari mana, saya dikabari oleh pekerja. Kalau kerugiannya mungkin sekitar 300 juta, karena selain ayam dan kandang, persediaan pakan ayam juga ikut terbakar,” ujar Widodit, yang juga Kepala Dusun setempat.

Saat ini Satreskrim Polres Probolinggo tengah menyelidiki penyebab pasti kebakaran tersebut.

Dari hasil penyelidikan, kebakaran itu dipicu oleh kebocoran gas elpiji oven pemanas untuk ayam yang berumur 2 hari.

Semburan gas elpiji kemudian mengenai kabel listrik sehingga mengakibatkan konsleting listrik dan memicu kebakaran.

“Masih kita lakukan lidik. Untuk sementara, kebakaran kandang ayam ini diduga dipicu oleh kebocoran gas elpiji. Yang kemudian mengenai kabel listrik, akibat tekanan gas kulit kabelnya meleleh dan mengakibatkan konsleting,” kata Kapolsek Kraksaan Kompol Budi Harianto. (cho/saw)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Gudang Palet Kayu di Pohgading Hangus Terbakar

Truk Gandeng Muat 40 ton Beras Hantam Truk BBM