Angin Kencang, Nelayan Kota Pasuruan Kian Semangat Melaut

0
66

Pasuruan (wartabromo.com) – Angin kencang yang berhembus di sebagian besar perairan utara wilayah Kota Pasuruan beberapa hari terakhir, tidak surutkan semangat nelayan untuk mengais rejeki, karena hasil tangkapan ikan di tengah laut justru kian meningkat.

Seperti terlihat dari sejumlah perahu nelayan bersandar dan beberapa nelayan sibuk mengangkat tumpukan ikan-ikan ke daratan di pelabuhan Kota Pasuruan, Rabu (19/7/2017).

Salah satu nelayan, Abdul Adim mengungkaipkan beberapa jenis ikan seperti udang putih, berhasil didapat dalam jumlah besar.

Dari udang putih saja, ia mendapat hampir 40 kg belum lagi jenis ikan lain mencapai 25 kg.

“Ukuran udangnya termasuk super sampai 15 sentimeter. Udang putih harganya lumayan mahal sekitar Rp 125 ribu. Ada lagi ikan lainnya, kayak pelaosan dan dorang. Harganya juga bisa dijual Rp 25 ribu tiap kilonya,” ujar Adim.

Dari hasil tersebut, Adim yang saat itu berlayar bersama dua temannya memperkirakan, masing-masing akan mendapat pembagian uang lebih dari Rp 1 juta.

Seorang nelayan lainnya, Basuni menambahkan, bahwa faktor angin yang saat ini berhembus kencang disebut sebagai penentu untuk mendapatkan hasil saat melaut. Terutama hasil tangkapan pada udang putih seperti yang diperoleh saat ini.

“Kalau angin besar, udang-udang malah bingung sampai arahnya kesana kemari sehingga mudah ditangkap jaring. Makanya meski angin besar, ombaknya 3 meter, teman-teman tetap melaut,” lanjut Adim.

Namun, nelayan harus mampu menghindari bahaya, sehingga selain harus trampil mengendalikan kapal, para nelayan harus tetap disiplin dan berhati-hati.

“Memang bahaya kalau angin, karena ombaknya tinggi dan bisa memcah kapal. Tapi, ikuti angin saja dan jangan melawan atau menerjang ombak,” ujar Basuni. (ono/ono)