Semak Terbakar Dekat Tower Seluler, Bikin Panik Warga

0
45

Bangil (wartabromo.com) – Semak dan ilalang kering di lahan dekat sebuah tower seluler yang berada di pinggir jalan raya pantura termasuk Desa Masangan, Kecamatan Bangil terbakar, Kamis (20/7/2017). Api yang saat itu membesar dan terus menjalar, sempat membuat was-was dan kepanikan warga sekitar.

Kebakaran lahan di sebrang jalan kantor DPRD Kabupaten Pasuruan tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB sore.

Hembusan angin kencang saat itu, membuat api kian membara dan merambat cepat hingga mendekati sebuah Pemakaman umum milik warga di Dusun Balung bendo Desa Masangan.

Kontan puluhan warga berhamburan keluar mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya, mulai dahan pohon hingga menyiram air yang diambil dari pemukiman.

Beruntung aksi gotong royong warga itu membuahkan hasil. Tidak berapa lama api dapat dipadamkan hingga ketakutan warga pun mereda.

“Allhamdulillah kebakaran lahan ini tidak sampai merambat Ke tower dan pemukiman. Hari Kamis ini banyak orang yang berziarah ke Makam. Tiba-tiba terjadi kebakaran, yang kami takutkan merambat ke tower itu,” Ujar Sugeng.

Tidak diketahui pasti penyebab kebakaran, namun beberapa warga menduga-duga jika kebakaran terjadi kemungkinan adanya bara puntung rokok yang dibuang seseorang ke semak dan rumput ilalang kering itu.

“Kayaknya ada yang buang rokok, itu kan kering semua jadi gampang terbakar,” celetuk seorang ibu yang saat itu berkerumun bersama warga lainnya. (fik/ono)