04:02 - Senin, 16 Juli 2018
Minggu, 23 Juli 2017 | 21:04

Pak Dhe Karwo Ingatkan Bahaya gadget Bagi Anak

Prigen (wartabromo.com) – Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, mengingatkan ancaman bahaya ketergantungan anak terhadap gadget dan televisi. Ia pun mengajak, orang tua melakukan pengawasan ketat pada jaman teknologi ini, karena gadget dapat mengganggu perkembangan belajar anak.

Pesan tersebut disampaikan Pak Dhe Karwo, panggilan akrabnya, saat memberikan sambutan Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Propinsi Jawa Timur di Taman Safari Indonesia II Prigen, Minggu (23/07/2017).

Soekarwo menegaskan bahwa ketergantungan anak pada gadget dan televisi salah satunya berdampak pada perkembangan proses belajar anak, karena akan muncul rasa malas dan keengganan untuk membuka buku sekolah ataupaun bacaan sejenisnya.

“Sekarang ini semakin canggih yang namanya HP, Tab, Laptop. Banyak aplikasi di dalamnya, sehingga kalau si anak dibiarkan menteleng (terlalu lama melihat), maka anak-anak kita akan kecanduan dan jatuhnya adalah gak mau lepas sama hp itu. Belajarnya kapan kalau seperti itu,” kata Soekarwo.

Pak Dhe lantas mengajak para orang tua agar dapat mengarahkan anak secara tepat, bijak dan tegas. Sehingga anak punya patokan untuk memilih dan memilah menentukan mana yang baik dan harus ditinggal.

Disadur dari solusisehatku.com, setiap orangtua hendaknya membatasi dan mengetahui waktu yang tepat untuk memberikan gadget pada anak.

Pengaruh Gadget Bagi Anak Yang Perlu Diketahui

  • Bahaya radiasi, Radiasi gadget beresiko mengakibatkan gangguan terhadap perkembangan otak dan sistem imun anak.
  • Kecanduan/ketergantungan, Hal ini berdampak negatif terhadap perkembangan fisik dan motorik anak. Ketika si kecil asik bermain gadget biasanya lupa makan untuk asupan nutrisi. Selain itu, kepribadian anak cenderung memiliki sifat tertutup dan tidak bersosialisasi.
  • Gangguan prtumbuhan, Anak-anak yang asyik bermain gadget jarang bergerak sehingga menghambat proses pertumbuhan fisik
  • Penyakit mental, Penggunaan yang tidak terkontrol menjadi salah satu pemicu penyakit mental seperti depresi, gangguan bipolar dan autis.
  • Obesitas, Anak-anak yang terlalu asyik bermain gadget akan terus berdiam diri hingga terjadi penumpukan lemak tubuh yang mempercepat naiknya berat badan secara berlebihan.
  • Gangguan tidur, Permainan game dan aplikasi menarik gadget biasanya membuat anak lebih asik sehingga waktu tidurnya terganggu. Dalam hal ini peran penting orangtua sangat dibutuhkan untuk mengontrol penggunaan gadget.
  • Pengaruh tayangan, Tanpa disadari anak-anak membuka situs online yang mempertontonkan tayangan yang tidak seharusnya. Sebagai orangtua harus bersikap bijak dan sebaiknya tidak memberikan koneksi internet ketika si kecil bermain gadget.

Dianjurkan penggunaan gadget maksimal 2 jam setiap harinya. Dan mengawasi anak saat menggunakan gadget sehingga dengan begitu si kecil akan lebih terkontrol dan tidak menyalahgunakan benda tersebut. mil/ono)

Paskhas TNI AU Asah Kemampuan di Bromo

Polres Probolinggo Pamer Ambulans Baru Saat Apel Pagi