Pemkab Probolinggo Mendapat Anugerah Kabupaten Layak Anak

0
67

Pekanbaru (wartabromo.com) – Untuk pertama kalinya Pemkab Probolinggo meraih anugerah Kabupaten/Kota Layak Anak dari Pemerintah Republik Indonesia. Penghargaan itu diterima dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI,Yohana S. Yembise, Sabtu (22/7/2017) malam di Pekan Baru, Riau.

Sebelum mendapatkan penghargaan ini, pemkab mengikuti seleksi ketat dari tim Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenpppa). Tim penilai ini terdiri dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, LSM, pemerhati anak, serta perguruan tinggi.

Penghargaan ini diterima Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko. “Ini buah dari usaha bersama semua elemen masyarakat dalam membangun Kabupaten Probolinggo layak anak,” kata Wabup Timbul Prihanjoko kepada wartabromo.com, Minggu (23/7/2017) pagi.

Ia mengatakan, anugerah ini merupakan yang pertama bagi kabupaten dengan branding Endless Probolinggo tersebut. Diharapkan akan menjadi rangsangan bagi pemkab, masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) ke depan, menuju kabupaten yang lebih nyaman lagi bagi anak.

Menurut Ketua DPC PDIP Kabupaten Probolinggo tersebut, wujud kepedulian pemkab terhadap anak, antara lain terlihat dari penyediaan sarana bermain bagi anak di Kelurahan Sumberlele, Kecamatan Kraksaan dan alun-alun Kraksaan. Kemudian regulasi yang ramah anak, serta aneka program pendukung yang tersebar di banyak satker.

Berdasarkan data Kemenppa pada 2017 ini, terdapat 126 kabupaten dan kota menerima anugerah, sedangkan tahun sebelumnya berjumlah 77 kabupaten/kota.

Anugerah kategori Utama diraih kota Surabaya dan Surakarta. Sedangkan anugerah katagori Nindya adalah Denpasar, Gianyar, Padang, Magelang, Depok, Bogor dan Sleman. Sedangkan kota/kabupaten lainnya mendapatkan katagori Madya dan Pratama. (saw/saw)