1135 Jamaah Calhaj Pasuruan Ikuti Manasik

0
4

Bangil (wartabromo.com) – Tiga minggu jelang keberangkatan, sebanyak 1135 jamaah calon haji asal Kabupaten Pasuruan mengikuti Manasik Haji Massal di Dome Sentra Produk Unggulan Kabupaten Pasuruan, Senin (24/07/2017).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, As’adul Anam mengungkapkan, bahwa manasik Haji secara Massal kali ini digelar sebanyak 2 kali. Kemudian manasik haji kelompok, akan dilaksanakan sebanyak 6 kali berturut-turut, di masing-masing KUA (Kantor Urusan Agama) kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

“Alhamdulillah sampai dengan manasik yang kedua ini, pengetahuan jamaah sudah sangat bagus. Semoga semakin mantab ketika ketika sudah berada di Tanah Suci Makkah,” kata Anam.

Dari catatan Kemenag, jumlah jamaah asal Pasuruan berjumlah sekitar 1250, namun terdapat 114 jamaah ternyata memutuskan untuk ikut berangkat dari daerah lain (mutasi keluar) hingga akhirnya merosot menjadi 1135 jamaah, dengan jumlah TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah) dipilih sebanyak 9 orang.

Sedangkan jumlah jamaah yang telah melunasi BPIH (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) malah cukup tinggi sebanyak 1217 jamaah. Dengan cadangan sebanyak 24 orang, dari data kemenag diketahui terdapat jamaah yang menunda keberangkatan karena sakit atau membatalkan keberangkatan sebanyak 10 jamaah.

“Jamaah Kabupaten Pasuruan akan berangkat tanggal 12 Agustus pukul 07.30 pagi dari Komplek Perkantoran Pemkab di Raci Bangil melalui kloter 47,48 dan 49. Mudah-mudahan semuanya lancar dan tidak ada kendala apapun,” urai pria yang baru beberapa bulan menjabat sebagai Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan itu.

Di sisi lain, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) memberikan 1135 tas sandal sebagai kenang-kenangan untuk seluruh jamaah Kabupaten Pasuruan, serta menanggung semua biaya transportasi bus yang akan membawa para jamaah menuju Embarkasi Surabaya maupun kembali ke Kabupaten Pasuruan pasca melaksanakan haji.

“Semoga tas ini bisa bermanfaat, karena dari pengalaman para jamaah yang sudah haji, tas sandal ini sangat penting karena meskipun agak sepele, tapi fungsinya banyak. Disana nanti saya harap senantiasa saling tolong, misalkan ada yang sakit,” ucap Gus Irsyad. (mil/ono)