15:08 - Kamis, 20 Oktober 1431
Rabu, 2 Agustus 2017 | 20:08

2017 Peserta Akan Meriahkan Pawai ATP Probolinggo

Kraksaan (wartabromo.com) – Menjelang HUT RI ke-72, Pemerintah Kabupaten menggelar berbagai kegiatan untuk memeriahkannya. Salah satunya adalah pawai Ajaran Tahun Pelajaran (ATP) yang akan diselenggarakan pada Sabtu (5/8/2017) mendatang, dengan peserta sebanyak 2017 orang.

Kepala Diskominfo Pemkab Probolinggo, Tutug Edi Utomo, pawai atau karnaval ini merupakan yang ke 4 kalinya diselenggarakan dengan leading sektor Dinas Pendidikan (Dispendik).

ATP akan menempuh jarak sekitar 2,5 km, diikuti oleh 2017 peserta. Rinciannya, 1920 peserta dari 24 kontingen Cabang Dinas Pendidikan (cabdispendik) beranggotakan 80 orang dari tiap kecamatan, 80 peserta dari 4 marching band, dan relawan 17.

Peserta pawai ATP akan melewati jalur Kraksaan City Of Carnival dengan start dari depan kantor PMI Kabupaten Probolinggo di utara rumah sakit. Kemudian akan melewati rute makam Pahlawan, dan berakhir di pertigaan kelurahan Sidomukti.

“Kami menggunakan jalur selatan dari kota kraksaan untuk menghindari kemacetan di jalur Panglima Sudirman. Disana masyarakat dapat menonton dan menikmati karnaval ini dengan leluasa. Nah, pawai ATP ini akan mengawali serangkaian kegiatan pemkab dalam memeriahkan bulan kemerdekaan,” kata Tutug.

Sementara itu, Kadispendik Probolinggo, Dewi Korina, menjelaskan pawai ATP ini bertujuan untuk memberikan semangat pendidik maupun peserta didik untuk meningkatkan pendidikan di Kabupaten Probolinggo yang bermutu dan berkarakter. Penguatan karakter tersebut melalui seni budaya dan wawasan kebangsaan, dengan merepresentasikan keunggulan masing-masing kecamatan.

Selain itu, ada acara inti yakni tari Tepuk yang ditampilkan oleh peserta dari Kecamatan Kraksaan, serta tari Glipang.

“Materi pawai meliputi tampilan karya seni budaya yang menunjukkan kearifan lokal masing-masing kecamatan. Ada seni tari dengan koreografi yang atraktif, ada pertunjukan alat musik dan lain-lain. Keunggulan itulah yang kami angkat untuk menumbuh-kembangkan karakter kebangsaan anak didik,” terang mantan Kepala Bappeda ini.

Untuk mengantisipasi kemacetan dan kerawanan massa dalam pelaksanaan pawai ATP, Polres Probolinggo akan menurunkan sekita 100 personil dari berbagai satuan. Selain dari unsur polisi, kegiatan itu juga diback-up oleh petugas dari Dishub sebanyak 13 personil, Satpol PP 38 orang, dan anggota TNI.

“Kami sudah memetakan titik-titik rawan dari kegiatan ini, agar tidak terjadi kemacetan arus lalulintas. Selain itu, kami juga mengingatkan kepada warga yang ingin menonton untuk tidak membawa senjata tajam yang membahayakan,” ujar Kabag Ops Polres Probolinggo, Kompol Heri Susanto. (saw/saw)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Tampilkan Drama Sejarah Kopi Jatiarjo, Sarasehan Tani Nasional Kian Berkesan

Ratusan Banser Kabupaten Pasuruan Gelar Apel NKRI di Jembatan Suramadu