03:08 - Selasa, 17 Juli 2018
Kamis, 3 Agustus 2017 | 20:09

Visa Tak Keluar, Ratusan CJH Terancam Tak Berangkat ke Tanah Suci

Probolinggo (wartabromo.com) – Ratusan Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Probolinggo terancam tak bisa terbang ke tanah suci. Pasalnya, hingga H-10 keberangkatan, visa Haji mereka belum juga keluar.

“Betul sampai saat ini visa belum keluar. Kami masih menunggu konfirmasi lebih lanjut dari pemerintah pusat,” ujar Kepala Kemenag Kabupaten Probolinggo, Santoso, kepada wartabromo.com, Kamis (3/8/2017).

Meski visa belum keluar, Santoso menghimbau CJH tidak panik dan resah. Ia optimis, visa akan segera dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi, karena semua administrasnya sudah lengkap.

“Berdasarkan pengalaman tahun lalu, visa keluar saat jamaah sudah di asrama haji Sukolilo dan akan berangkat,” ungkap pria asal Jember ini.
Santoso, mengatakan jumlah CJH yang akan berangkat pada musim haji tahun ini sebanyak 794 orang.

Para CJH ini terbagi dalam Kelompok Terbang (Kloter) 51 dan 52 yang akan berangkat dari Embarkasi Surabaya. Kloter 51 sebanyak 445 CJH (laki-laki 211 orang dan perempuan 234 orang) dengan Ketua Kloter Muhammad Taufik.

Sementara Kloter 52 merupakan kloter gabungan Kabupaten Probolinggo dan Kota Surabaya. Jumlah CJH Kabupaten Probolinggo di Kloter 52 sebanyak 349 CJH (laki-laki 170 orang dan perempuan 179 orang) dengan Ketua Kloter Syamsul Huda.

Para CJH ini, akan berangkat ke tanah suci dari obyek wisata religius Miniatur Kabah Desa Curah Sawo, Kecamatan Gending pada 13 Agustus 2017 mendatang.

“Setelah bermalam di Asrama Haji Sukolilo, para CJH ini akan berangkat ke tanah suci pada 14 Agustus 2017, tandas Santoso. (fng/saw)

Empat CJH Probolinggo, Wafat Sebelum Berangkat

Ratusan Miras di Warung Remang-remang Diamankan Polsek Prigen