15:13 - Sabtu, 16 Desember 2530
Jumat, 4 Agustus 2017 | 17:27

KPU Pasuruan Siapkan Rp 19 Juta Untuk Perbaikan Kotak Suara

Bangil (wartabromo.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan menyiapkan anggaran Rp 19 juta untuk perbaikan kotak suara yang rusak. Ada sekitar 1.180 kotak suara milik KPU yang diketahui kondisinya rusak. Ada yang berkarat, ada yang tidak utuh bentuknya hingga penyok-penyok.

Ketua KPU Kabupaten Pasuruan Winaryo Sujoko mengatakan, anggaran itu dialokasikan dari sebagian dana hibah yang bersumber dari APBD Kabupaten Pasuruan. Dari total dana hibah Rp 52 miliar, Rp 19 juta digunakan untuk perbaikan kotak suara.

“Memang ada beberapa kotak suara yang harus diperbaiki, menjelang pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilbup) tahun depan,” katanya, Jumat (4/8/2017).

Dikatakan Winaryo, anggaran Rp 19 juta itu digunakan untuk perbaikan, mulai dari pembersihan karat, penggantian alumunium yang penyok sampai pembelian gembok.

“Akan kami benahi dan kami rawat. Kami pastikan, saat pelaksanaan Pilbup nanti sudah tidak ada kotak suara yang rusak atau bahkan tidak layak,” tandasnya.

Dia menjelaskan, salah satu faktor yang membuat kotak suara ini rusak karena tidak tersedianya tempat. Ia menyebut, kotak suara milik KPU itu disimpan di dua tempat yakni di Kejayan (kantor KPU lama) dan Kantor KPU yang ada di Pogar.

“Lah yang rusak ini yang ada di Pogar. Karena di sini, tidak ada penutupnya di bagian atas. Selain itu, tidak dimasukkan dalam gudang, melainkan diletakkan di halaman kantor KPU,” paparnya.

Ia beralasan, kenapa tidak dimasukkan dalam gudang karena tidak ada tempat kosong. Ia mengaku, semua ruangan yang ada di Kantor KPU ini sudah terisi penuh.

“Kami sudah ajukan ke Dinas Cipta Karya kemarin, untuk pembangunan gudang penyimpan kotak suara di Kantor KPU. Nah mereka (Dinas Cipta Karya) meresponnya dengan baik. Katanya, akan dilakukan perubahan anggaran di PAK akhir Agustus nanti,” pungkasnya.

Simak Videonya :

(man/ono)

Sembilan Pejabat Berebut Posisi Sekda Kabupaten Probolinggo

HANDAL Dekati Nelayan Dengan Istighotsah