Dispendik Probolinggo Bidik Karakter Anak Lewat Pawai Pendidikan

0
84

Kraksaan (wartabromo.com) – Di Jawa Timur, hasil rata-rata Ujian Nasional (UN) tingkat SMP Kabupaten Probolinggo berada di peringkat 35 dengan nilai rata-rata 198,44. Dinas Pendidikan pun mencoba mengejar keterpurukan, salah satunya menggelar pawai Pendidikan Awal Tahun Pelajaran (ATP) 2017/2018, pada Sabtu (5/8/2017).

“Dengan kegiatan ini diharapkan terdapat peningkatan pengalaman belajar bagi peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan orang tua/wali murid. Sehingga terjadi percepatan pendidikan yang merata dan berkualitas di Kabupaten Probolinggo,” kata Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo, Dewi Korina.

Selain itu, Dispendik juga membidik penguatan karakter peserta didik melalui seni budaya. Sehingga diharapkan dapat menumbuhkan nilai-nilai pendidikan karakter berlandaskan budaya bangsa meliputi nilai religius, jujur, toleransi dan semangat kebangsaan cinta tanah air.

Tak hanya itu, nilai-nilai disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, dan rasa ingin tahu juga dapat berkembang dengan baik.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan semangat pada awal tahun pelajaran baru. Supaya anak didik memiliki karakter yang kuat. Serta untuk memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan RI,” ujar mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) ini.

Sementara itu, dalam Pawai pendidikan ATP ini diawali dengan penampilan Tari Tepuk dari Kecamatan Kraksaan dan Tari Glipang dari SDN Patokan 1 Kecamatan Kraksaan. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan Piala Adipura untuk Kota Kraksaan dari Kementerian Lingkungan dan Kehutanan (LHK) RI.

Setelah itu, kontingen dari 24 kecamatan menampilkan kesenian dan kreasi budaya yang berbeda dengan menampilkan potensi daerahnya masing-masing. Bahkan ada yang menampilkan busana dengan memanfaatkan bahan daur ulang dan kain batik.

Pawai pendidikan ini, menyita perhatian masyarakat Kota Kraksaan dan sekitarnya. Masyarakat memenuhi seluruh sudut jalur utama, mulai dari depan Kantor PMI Kraksaan hingga finish di pertigaan Klojen Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan. (saw/saw)