Sinergikan Program Pembangunan, Pemkab Probolinggo-Lumajang Teken Kerjasama

0
71

Lumajang (wartabromo.com) – Secara geografis wilayah Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Lumajang, letaknya berbatasan. Ada banyak kesamaan budaya, tradisi dan potensi lainnya. Sehingga kedua Pemkab ini pun melakukan kerjasama yang saling menguntungkan di berbagai bidang.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang, dilaksanakan di Gedung Panti PKK Lingkungan Pendopo Kabupaten Lumajang, Senin (7/8/2017).

Penandatanganan itu dilakukan oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. H. A. Timbul Prihanjoko dan Bupati Lumajang Drs.H. As ‘ at, M.Ag.

Kerjasama ini dimaksudkan mensinergikan program-program pembangunan pada dua daerah ini. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan potensi dan sumber daya secara efektif dan efisien. Serta berkelanjutan dalam pelayanan umum, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kerjasama ini sangat menguntungkan bagi kedua daerah. Diharapkan, ada akan memicu terjadinya peningkatan ekonomi di dua daerah yang bertetangga ini. Tentunya bukan hanya ekonomi saja, melainkan di berbagai bidang,” ujar Wabup Timbul.

Wabup Timbul menuturkan Kerjasama ini meliputi bidang Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan umum dan Penataan ruang.

Kemudian pada Ketentraman Ketertiban umum dan Perlindungan Masyarakat, Sosial, Tenaga Kerja, Pertanian, Lingkungan Hidup, Administrasi Kependudukan dan Pencatatan sipil.

Selain itu, ada kerjasama di bidang Usaha Kecil dan menengah, Kebudayaan dan Pariwisata, Kelautan dan Perikanan, Perkebunan dan Kehutanan. “Serta bidang-bidang lain sesuai dengan kebutuhan daerah,” terang pria berkacamata ini.

Sementara itu, Bupati Lumajang As’at mengatakan sebagai daerah yang bertetangga, sudah seyogyanya meningkatkan kerjasama. Apalagi dua daerah ini mempunyai banyak kesamaan budaya, tradisi, geografi dan aspek lainnya. “Ini akan mensinergikan banyak hal terutama di bidang infrastruktur penghubung Lumajang dan probolinggo,” kata Bupati Lumajang.

Dalam agenda ini, beberapa Kepala SOPD Kabupaten Probolinggo, Wakil Bupati Lumajang dr. Buntaran Suprianto M.Kes. beserta beberapa kepala SOPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang turut hadir. (saw/**)