Sakit Ginjal, Calhaj Kota Pasuruan Gagal Berangkat

0
89

Pasuruan (wartabromo.com) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pasuruan memastikan satu orang calon jamaah haji (calhaj) gagal berangkat ke tanah suci Mekah, karena sakit ginjal. Kondisi ini membuat jumlah calhaj yang berangkat haji berkurang menjadi 303 dari sebelumnya 304 jamaah.

Kepastian tersebut diungkapkan oleh,
Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kota Pasuruan, Moh Ismail di kantornya pada Kamis (10/8/2017) pagi tadi.

“Kami dapat surat dokter yang intinya merekomendasi untuk tidak bisa memberangkatkan seorang jamaah,” terang Moh Ismail.

Pada surat keterangan dokter tersebut, diketahui calon jamaah bernama Nur Salam, asal Bugul Kidul, Kota Pasuruan, menderita sakit gagal ginjal dan masih dalam proses perawatan medis.

Jauh hari sebelum dinyatakan gagal berangkat, Ismail menuturkan bahwa Nur Salam beberapa kali melakukan konsultasi dari sisi administrasi ke kantor Kemenag, terkait keberangkatannya.

Akan tetapi, Nur Salam saat ini diharuskan menjalani cuci darah sebanyak dua kali dalam satu minggu, sehingga tidak memungkinkan untuk berangkat haji tahun ini.

“jika pada tahun depan kondisinya membaik, maka beliau dapat melaksanakan ibadah haji pada tahun 2018 mendatang,” lanjutnya.

Gagalnya satu jamaah haji berangkat ke tanah suci Mekah ini, membuat calhaj yang berangkat dari Kota Pasuruan pada 12 Agustus 2017 besok, berkurang menjadi 303 dari jumlah sebelumnya sebanyak 304 jamaah. (ono/ono)