15:08 - Jumat, 20 Oktober 0580
Jumat, 11 Agustus 2017 | 15:49

Geram, Walikota Bongkar Sendiri Jamban Helikopter

Pasuruan (wartabromo.com) – Walikota Pasuruan, Setiyono membongkar jamban yang berdiri di atas sungai di Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. Sikap geram itu ditunjukkan karena keberadaan jamban helikopter itu dianggap tidak sehat sehingga tidak sepantasnya warga berprilaku jorok.

Hal tersebut dijumpai dalam sebuah sidak untuk memastikan lingkungan wilayah kota yang dipimpinnya bersih dan sehat.

Namun mata Setiyono langsung terbelalak, mendapati sebuah jamban berupa bangunan semi permanen berdiri di atas sungai di wilayah RT 03 RW 08, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan.

Tanpa banyak kata, sang Walikota menghampiri dan langsung menarik seng yang dijadikan penutup jamban mirip helikopter itu.

Sejumlah pejabat lain pun turut membantu hingga akhirnya seluruh matrial seng dan kayu yang terpasang di atas sungai terbongkar.

Sesaat setelah aksi bongkar jamban, Setiyono mengultimatum kepada pejabat dan jajaran terkait, agar tidak ada lagi jamban-jamban liar berdiri di atas sungai maupun aliran air lainnya.

“Saya mengharap bantuan seluruh masyarakat agar tidak membangun jamban-jamban. Selain kotor dan mengeluarkan bau, juga merusak pemandangan sebuah daerah atau wilayah. Saya ingin Kota Pasuruan bebas jamban atau buang air besar sembarangan,” tegas Setiyono, Jum’at (11/8/2017).

Permasalahan jamban lanjut Setiyono masuk dalam tatanan kawasan pemukiman dan sarana prasarana umum yang harus segera diselesaikan sampai benar-benar tidak ditemukan lagi adanya jamban di tengah-tengah masyarakat.

“Semoga ihtiar kita berhasil, sehingga kami harapkan kerja sama dari masyarakat untuk juga sama-sama membangun Kota Pasuruan lebih baik lagi,” terangnya kepada WartaBromo. (mil/ono)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Resah Bau Limbah, Warga Kedemungan Wadul DLH Pasuruan

Air Sungai Kasbah Tercemar Limbah