01:38 - Kamis, 14 Desember 2017
Jumat, 11 Agustus 2017 | 14:07

Kota Pasuruan Diverifikasi Untuk Diputuskan Jadi Kota Pusaka

Pasuruan (wartabromo.com) – Tim Jaringan Kota Pusaka Indonesia memverifikasi situs atau tempat bersejarah di Kota Pasuruan. Verifikasi dengan memvalidasi data tersebut dilakukan melalui sebuah kunjungan langsung sehingga dapat memutuskan Kota Pasuruan sebagai Kota Pusaka.

Walikota Pasuruan, Setiyono pun mengajak berkeliling menunjukkan peninggalan-peninggalan bersejarah di Kota Pasuruan.

Mulai dari Gedung P3GI beserta semua rumah dinas pejabat P3GI, Pelabuhan, Rumah Darussalam, sampai dengan Rumah Singa.

Dari semua kunjungan tersebut, tim akan melaporkan langsung kepada Kementerian Pariwisata maupun Jaringan Kota Pusaka, apakah Kota Pasuruan sudah layak untuk menjadi Kota Pusaka.

“Dari 500 lebih kota, kita punya 64 yang sudah kita tetapkan sebagai Kota Pusaka. Mudah-mudahan saja Kota Pasuruan menjadi bagian dari Kota Pusaka,” kata Nanang Asfarinah, ketua Tim Ahli Jaringan Kota Pusaka.

Sementara itu, Walikota Setiyono menegaskan bahwa ia berkomitmen untuk menasbihkan diri sebagai Kota Pusaka, seperti yang telah diusulkan oleh Pemkot Pasuruan beberapa waktu lalu

Sejumlah langkah juga sudah dilakukan, mulai dari verifikasi asset dan jumlah tempat-tempat bersejarah yang masih ada, studi banding, hingga kunjungan ke Negeri Kincir Angin, Belanda, beberapa bulan lalu.

“Semoga saja ikhtiar kita menghasilkan sebuah julukan baru bagi Kota Pasuruan, yakni Kota Pusaka. Untuk itu, kami mohon doanya agar usaha kami berhasil,” harap Setiyono. (mil/ono)

Isi Kekosongan, Setiyono Promosi 7 Pejabat Pratama Pemkot Pasuruan

Permintaan Subsidi Listrik Warga Seputar Puslatpur TNI AL Terhambat Persetujuan KSAL